Bandara Kertajati Resmi Beroperasi

Tanggal: 26 Mei 2018 11:29 wib.
Tampang.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang berlokasi di Majalengka telah resmi beroperasi. Bandara yang telah rampung ini diharapkan dapat membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

“Kita harapkan Bandara Kertajati ini bisa memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jawa Barat dan seluruh masyarakat Indonesia,” jelas Jokowi.

Siapa sangka, Bandara Kertajati ini adalah bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno – Hatta (Soetta). Dalam prosesnya, Bandara ini telah dibangun sejak 2015 yang memiliki nilai proyek mencapai Rp 2,6 Triliun.

Dalam implemntasinya, Bandara Kertajati akan terhubung dengan beberapa fasilitas infrastruktur dan moda transportasi seperti halnya jalur tol dan Pelabuhan Patimban.

“Kita ingin Bandara Kertajati ini terintegrasi dengan Pelabuhan Patimban yang jaraknya kurang lebih 40 km, sehingga integrase ini bisa memberikan kemudahan pelayanan fasilitas investor masuk. Dengan itu, harapannya pertumbuhan ekonomi Jawa Barat bisa meningkat,” jelas Jokowi.

Salah satu upaya untuk mengintegrasikan moda transportasi tersebut. Pemerintah saat ini tengah membangun tol Cisumdawu ( Cileunyi, Sumedang, Dawuan ). Tol ini akan menghubungkan Bandara Husein Sastranegara di Bandung dengan Bandara Kertajati.

Untuk menarik minat masyarakat, sat ini telah dibangun jalur kereta bandara menuju Bandara Kertajati.

“Nantinya kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Gambir menuju Bandara Kertajati dalam waktu kurang dari dua jam. Kereta akan melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” Jelas Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved