Angka Inflasi Mencapai Nilai yang Rendah, Ini Kata Gubernur BI

Tanggal: 26 Jul 2018 14:18 wib.
Tampang.com – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada hari ini Kamis, 26 Juli 2018. Dalam penyelenggaraannya, Rakornas dihadiri oleh jajaran menteri ekonomi, kepala kepolisian RI, panglima TNI dan juga kepala daerah di seluruh Tanah Air.

Pada acara tersebut diisi, salah satunya diisi oleh sambutan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.

“Komitmen kita bersama dalam menjaga stabilitas harga keberhasilan dan pengalaman bapak presiden ketika terlibat langsung dalam menjaga stabilitas harga di daerah dapat menjadi pembelajaran berharga bagi seluruh peserta yang hadir pagi hari ini,” jelas Perry.

Rakornas itu sendiri bertemakan sebuah komitmen dan dukungan dalam agenda pembangunan infrastruktur pemerintah, dan hal itu akan dilakukan baik di pusat maupun daerah yang harapannya dapat mengoptimalkan pemanfaatannya.

“Kalau kita lihat inflasi pada tahun 2017 yang lalu terdapat cukup rendah, yaitu 3,6 persen dan karenanya berada dalam kisaran sasaran 4 persen plus minus 1 persen. Keberhasilan pengendalian inflasi ini didukung oleh inflasi di seluruh kawasan realisasi inflasi harga pangan atau yang serng disebut volatile food semakin menurun. Bahkan pada 2017 mencatat angka terendah dalam 13 tahun terakhir,” jelasnya.

Penapaian yang kini telah berhasil didapatkan adalah sebuah hasil positif dari koordinasi kebijakan antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Kami telah melakukan berbagai program inovatif yang telah dilakukan melalui tim pengendalian inflasi baik pusat maupun daerah bahkan keberhasilan pengendalian inflasi itu juga tercatat dan semakin menurun pada 2018 ini hingga pertengahan 2018 inflasi semakin rendah 3,1 persen pada Juni 2018,” jelasnya kembali.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved