Terjawab! Ternyata Inilah yang Menyebabkan Burung Flamingo Berdiri dengan Satu Kaki

Tanggal: 1 Jul 2017 23:29 wib.
Dilansir dari BBC.co.uk - Para ilmuwan menemukan bahwa flamingo lebih suka berdiri dengan satu kaki karena membantu mereka menghemat energi.

Salah satu spesies burung yang paling unik dan indah di planet ini, flamingo, dengan bulu merah muda cerah dan kebiasaan berdiri dengan satu kaki saja.

Sebenarnya, apa yang menyebabkan mereka harus mengadopsi sikap aneh ini telah lama menjadi sebuah misteri.

Namun baru-baru ini, tim peneliti di AS mungkin akhirnya menemukan jawabannya dan ini semua berkaitan dengan fenomena yang dikenal sebagai "mekanisme bertahan pasif gravitasi."

Para ilmuwan menemukan bahwa bahkan ketika mati, tubuh flamingo masih akan berdiri tegak di atas satu kaki tanpa dukungan eksternal, namun dengan dua kaki mayatnya akan jatuh tak terkendali.

"Jika anda melihat burung dari depan, sementara mereka berdiri di atas satu kaki, kaki berada tepat di bawah tubuh yang berarti kaki mereka miring ke dalam," kata Profesor Young-Hui Chang.

"Itu adalah pose yang harus anda lakukan agar bisa melibatkan mekanisme bertahan."

Ketika berdiri dengan satu kaki, flamingo hanya menghabiskan sedikit energi karena menggunakan satu kaki daripada dua tidak memerlukan usaha otot yang aktif.

Hal ini memungkinkan burung untuk berdiri (dan bahkan tidur) dengan satu kaki untuk jangka waktu yang lama.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved