Sumber foto: Google

Tempat Terbaik Untuk Melihat Bunga Sakura di Kyoto

Tanggal: 16 Mar 2024 05:33 wib.
Pakar budaya Sara Aiko berbagi pilihan tempat terbaik untuk mengagumi bunga sakura di Kyoto, mulai dari Kuil Heian yang terpencil hingga Kuil Kiyomizu di malam hari. Menyambut musim semi setiap tahun dengan nuansa merah jambu dan putih yang semarak, musim sakura (bunga sakura) adalah salah satu atraksi alam yang paling disukai di Jepang. Bunga yang dirayakan melambangkan pembaharuan dan ketidakkekalan, karena kuncup fana hanya dapat dilihat dalam waktu singkat setiap tahun antara bulan Maret hingga awal Mei . Meliputi pegunungan, melapisi sungai dan jalan setapak di taman, bunga-bunga indah yang tumbuh di kota-kota seperti Kyoto menginspirasi pesta hanami (melihat bunga) bagi penduduk dan wisatawan. Kami berbicara dengan Sara Aiko , Spesialis Perjalanan Condé Nast dan pendiri agen perjalanan butik Curated Kyoto , untuk mengetahui tempat terbaik untuk mengagumi sakura di Kyoto.

Sara Aiko telah tinggal di Kyoto sejak tahun 2010. Sejak itu, ia menyalurkan minat artistiknya sebagai pemandu wisata dan kurator budaya untuk perusahaannya Curated Kyoto, di mana ia menawarkan pengalaman dan konsultasi mendalam yang dipersonalisasi, menghubungkan orang-orang dan merek melalui jaringannya. Dia telah masuk dalam daftar Spesialis Perjalanan Condé Nast sejak 2021.

“Apa yang membuat Kyoto begitu istimewa adalah cara mereka mengekspresikan dan merayakan keindahan,” kata Aiko, yang telah tinggal di Kyoto sejak tahun 2010. “Dari arsitektur yang indah hingga mangkuk keramik yang elegan dan penyajian makanan yang rumit… semuanya ditampilkan dan disajikan sedemikian rupa cara agar keindahan bisa dirasakan secara alami, bukan dipaksakan. Ini adalah cara hidup."

Ekspresi keindahan ini menjadi hidup selama musim hanami, dan dengan lebih dari 2.000 kuil dan tempat suci serta 17 situs Warisan Dunia Unesco di kota ini, Kyoto menawarkan latar belakang yang sangat menakjubkan untuk menyaksikan bunga sakura. 

“Pohon sakura tentunya mencuri perhatian dengan keindahannya yang memukau,” kata Aiko. “Baik mengabadikan kemegahan mereka dengan kamera Anda atau sekadar menyelami momen dengan duduk di bawahnya di sepanjang utara Sungai Kamo, ini adalah pengalaman yang benar-benar istimewa.”

Berikut lima tempat favorit Sara Aiko untuk mengagumi bunga sakura di Kyoto.


Terbaik untuk mengalahkan orang banyak: Kuil Heian


Musim semi di Kyoto mengantarkan bunga sakura yang bermekaran – namun juga mendatangkan banyak pengunjung. Meskipun Aiko merekomendasikan untuk menantang keramaian untuk mengunjungi destinasi bunga sakura terbaik seperti distrik Arashiyama atau Jalan Bertuah , salah satu tempat favorit pribadinya untuk lebih menyendiri adalah Kuil Heian . Dibangun untuk memperingati kedudukan Kyoto sebelumnya sebagai ibu kota Jepang, kuil Shinto yang dibangun pada akhir abad ke-19 ini wajib dikunjungi karena gerbang torii merahnya yang besar dan taman tenang yang mengelilingi danau di tengahnya.

“Saat kamu mendekati kuil, kamu mungkin tidak melihat satupun pohon,” kata Aiko. Namun setelah membayar biaya masuk (¥600 [£3,15]) dan memasuki taman kuil, pengunjung akan disambut oleh pohon sakura yang indah bercampur dengan flora lainnya. Taman, dirancang dengan gaya jalan-jalan Jepang, mengundang para tamu untuk berjalan-jalan dan menikmatinya. beragam pemandangan dan bunga yang ditawarkannya."

Aiko mencatat bahwa pengunjung juga dapat mengunjungi Kanal Okazaki di dekatnya, tempat bunga sakura menghiasi sisi selatan tanggul sungai, atau Taman Okazaki , bekas kastil yang dipenuhi bunga-bunga di sepanjang jalurnya.

“Jika Anda berjalan-jalan dari pusat kota, jangan lewatkan kunjungan ke Toriba Coffee untuk menikmati minuman dibawa pulang yang luar biasa,” kata Aiko. "Dan untuk tempat makan siang yang menyenangkan, Tan , sebuah restoran Jepang yang indah, hanya berjarak 15 menit berjalan kaki." Reservasi disarankan.

Situs web: https://www.heianjingu.or.jp/english/english.html

Alamat: 97 Okazaki Nishitennocho, Daerah Sakyo, Kyoto, 606-8341, Jepang

Telepon: +81757610221

Instagram: @ heianjingu_official


Terbaik untuk menikmati kotak bento atau piknik: Sungai Kamo


Hanami bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti berjalan-jalan santai di taman, namun secara tradisional, hanami melibatkan pesta piknik di bawah pepohonan yang sedang mekar ketika rekan kerja, teman, atau keluarga berkumpul dengan bir dan sake untuk menikmati keindahan bunga dan merayakan datangnya cuaca yang lebih hangat. setelah musim dingin yang panjang dan terisolasi.

Tip

Di seluruh Kyoto, hotel dan kafe menawarkan menu yang terinspirasi dari bunga sakura dan teh sore yang menyajikan hidangan lezat seperti sakura mochi (kue beras kenyal manis) dan parfait sakura. Jika Anda berada di Kuil Kiyomizu, Aiko merekomendasikan jalan memutar ke Park Hyatt Kyoto untuk menikmati suguhan yang terinspirasi bunga sakura untuk melengkapi kunjungan kuil. “[Anda dapat] menikmati teh sore hari yang lezat, yang dikurasi secara apik dengan camilan yang terinspirasi dari bunga sakura menggunakan bahan-bahan musiman yang mewah,” katanya. "Setiap hidangan dipadukan dengan pilihan teh Jepang."

Tempat hanami favorit Aiko di Kyoto adalah Sungai Kamo . “Karena Kyoto hanya memiliki sedikit taman, tepian sungai menjadi pusat berbagai aktivitas, termasuk berjalan-jalan dengan hewan kesayangan, berolahraga, membaca, dan tentu saja menikmati hanami,” katanya. "Saya merekomendasikan untuk mencoba hanami di mana saja di sepanjang bentangan Jembatan Sanjo hingga daerah Kitayama (utara Kyoto), di mana bunganya paling melimpah. Anda akan menjumpai pengunjung hanami yang antusias dari segala usia, yang berbondong-bondong ke sungai sejak pagi hari, dipersenjatai dengan tikar piknik biru khas mereka untuk mendapatkan tempat utama."

Dia menyarankan untuk membawa tikar, sebotol anggur atau sake yang enak (ya, minum di tempat umum diperbolehkan di Jepang), dan bento (kotak makan siang) berisi camilan lezat seperti ikan bakar, potongan daging babi goreng, nasi, dan acar sayuran. “Kotak bento berkualitas bisa Anda temukan di department store seperti Takashiyama dan Isetan ,” kata Aiko. "Khususnya di lantai basement. Selain itu, Kyoto terkenal dengan kue-kue dan rotinya, jadi pastikan untuk mengunjungi salah satu dari banyak toko roti di kota ini untuk menikmati piknik yang sempurna – favorit pribadi saya adalah Bakery Uki ."


Tempat terbaik untuk mengagumi bunga sakura di malam hari: Kuil Kiyomizu


Menikmati sakura merupakan pengalaman romantis tersendiri, namun untuk menikmati keindahan bunga sakura yang paling menakjubkan, Aiko merekomendasikan untuk melihatnya saat bunga sakura menyala di malam hari. Beberapa kuil di Kyoto mengadakan acara iluminasi bunga sakura pada malam hari, termasuk tempat ibadah yang jam bukanya melebihi pukul 17:00 untuk menyambut pengunjung, termasuk Kuil Kiyomizu .

“Di antara 17 Situs Warisan Dunia Unesco di Kyoto, Kuil Kiyomizu menonjol sebagai salah satu destinasi terpopuler selama musim ini,” kata Aiko. "Dan untuk alasan yang bagus. Pekarangannya dihiasi dengan pohon sakura, dan pemandangan kota Kyoto sebagai latar belakang, dengan latar belakang cahaya pepohonan, sungguh menakjubkan." Aiko mencatat bahwa kuil tetangga Kiyomizu, Kuil Kodaiji , juga menyelenggarakan acara iluminasi bunga sakura, yang menawarkan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi dua lokasi menakjubkan di area tersebut.

"Dan jika Anda tertarik untuk tempat ketiga," katanya. "Berjalanlah ke Taman Maruyama untuk mengagumi bunga sakura yang bermekaran."

Situs web: https://www.kiyomizudera.or.jp/en/ 

Alamat: 1 Chome-294 Kiyomizu, Distrik Higashiyama, Kyoto, 605-0862, Jepang

Telepon: +81755511234

Instagram: @feel_kiyomizudera


Terbaik untuk melihat panorama sakura: Taman Haradani-en


Beberapa tahun yang lalu, Aiko berkata bahwa dia secara tidak sengaja menemukan apa yang disebutnya utopia bunga sakura, yang terletak di sebuah bukit di utara Kyoto. " Taman Haradani-en , agak jauh dari kota (tetapi dekat dengan Kuil Emas), adalah taman milik pribadi yang dengan murah hati membuka gerbangnya untuk waktu terbatas, khususnya selama ekstravaganza bunga sakura di musim semi dan dedaunan musim gugur. tontonan,” katanya.

Aiko mencatat bahwa taman ini – yang dibuka mulai tanggal 25 Maret hingga 14 April – sangat eksklusif sehingga banyak penduduk Kyoto bahkan tidak mengetahuinya. “Di cagar alam yang kurang dikenal ini, Anda akan menemukan lebih dari 400 pohon sakura dari 20 varietas berbeda yang tersebar di lahan seluas 13.000 meter persegi, menampilkan palet bunga merah muda dan putih yang mengesankan,” kata Aiko. "Ambil kameramu dan perhatikan bahwa taman tidak mengizinkan tripod."

Situs web: http://www.haradanien.com

Alamat: 36 Okitayamaharadaniinuicho, Kita Ward, Kyoto, 603-8487, Jepang

Telepon: +81754612924


Terbaik untuk bunga sakura yang mekar terlambat: Kuil Sanzen-in


Meskipun musim bunga sakura di Kyoto biasanya berlangsung dari akhir Maret hingga dua minggu pertama bulan April, perubahan tak terduga akibat pemanasan global – seperti awal mekarnya bunga sakura pada tahun 2023 – semakin sering terjadi. Namun Aiko mengatakan jika Anda melewatkan puncak mekarnya bunga di kota ini, jangan khawatir.

“Perjalanan singkat ke arah utara mungkin masih menawarkan pemandangan musim semi yang menakjubkan,” katanya. “Terletak di desa pertanian kuno Ohara,  bunga sakura di Kuil Sanzen-in cenderung mekar lebih lambat karena suhu wilayah yang lebih dingin. Sekitar awal hingga pertengahan April, sekitar 500 bunga sakura menghiasi halaman kuil, menciptakan pemandangan yang menakjubkan . Untuk perkiraan mekarnya bunga yang akurat, pertimbangkan untuk memeriksa secara online atau berkonsultasi dengan petugas hotel Anda."

Kuil Sanzen-in memiliki makna sejarah sebagai salah satu dari lima Kuil Monzeki di Kyoto, tempat anggota keluarga Kekaisaran secara tradisional menjabat sebagai pendeta kepala. Daerah Ohara, lokasi kuil, terkenal sebagai kebun sayur kota, yang menyediakan hidangan lokal yang lezat ke restoran dan meja makan. Untuk meningkatkan pengalaman Ohara Anda, Aiko merekomendasikan untuk menjelajahi restoran-restoran seperti Somushi , restoran yang terinspirasi Korea, atau Kulm , kafe menawan yang menawarkan pemandangan indah.

Situs web:  http://www.sanzenin.or.jp/en/

Alamat: 540 Ohararaikoincho, Daerah Sakyo, Kyoto, 601-1242, Jepang

Telepon: +81757442531

Instagram: @sanzenin_temple_official
Copyright © Tampang.com
All rights reserved