Sumber foto: Google

Polusi Sungai Wye Menyebabkan Perusahaan Ayam Digugat

Tanggal: 22 Mar 2024 21:25 wib.
Salah satu produsen makanan terbesar di Inggris digugat karena diduga merusak Sungai Wye. Pengacara Leigh Day mengatakan peternakan ayam skala industri di Herefordshire dan perbatasan Welsh yang memasok Avara merugikan ekosistem dan perekonomian lokal.

Diperkirakan hingga 23 juta burung diproduksi di daerah tangkapan air Sungai Wye pada satu waktu. Avara mengatakan semua kotoran dari pemasoknya kini diambil dari sungai dan digunakan di tempat lain di Inggris.

Leigh Day mengatakan perusahaan tersebut – yang memasok Tesco – dituntut atas kompensasi atas nama ribuan orang yang tinggal di daerah tangkapan air Wye yang mungkin terkena dampak polusi di air.

Pete Redding pindah ke Hereford 15 tahun lalu agar berada di dekat Sungai Wye.

“Saya dulu suka mengayuh perahu saya di atas air setelah seharian bekerja,” katanya.

“Melihat dan mendengar satwa liar sangat membantu kesehatan mental saya, namun karena air sudah tercemar, saya jarang pergi ke sungai.”

Pengacara Leigh Day mengatakan kehidupan para petani, pemilik tanah, perenang, pemain kano, pejalan kaki, dan pemancing semuanya dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah ganggang di sungai.

“Penghancuran salah satu kawasan alam terindah di Inggris ini tidak dapat dilanjutkan, itulah sebabnya kami mengambil tindakan hukum ini,” kata Oliver Holland dari firma tersebut.

Dalam tuntutan hukum terpisah, para aktivis menuduh Badan Lingkungan Hidup tidak melindungi Sungai Wye dari polusi.

Hasil dari kasus peninjauan kembali tersebut diharapkan segera keluar. Dipersembahkan oleh badan amal River Action, pendirinya, Charles Watson, mengatakan bahwa “sangatlah tepat jika pencemar sekarang harus dibayar untuk membersihkan kekacauan yang kami yakini telah diciptakan dan kemudian diuntungkan”.

Status sungai tersebut tahun lalu diturunkan menjadi “tidak menguntungkan – menurun” oleh Natural England setelah lebih sedikit spesies seperti Salmon Atlantik yang tercatat.

Kotoran ayam mengandung nitrogen dan fosfor tingkat tinggi yang menjadikannya pupuk yang bagus untuk tanaman.

Tapi nutrisinya bisa terbawa ke saluran air saat hujan dan itu bisa menyebabkan alga kekurangan oksigen di sungai. Studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Lancaster menunjukkan bahwa 70% fosfat di daerah tangkapan Sungai Wye berasal dari pertanian, namun tidak semuanya berasal dari ayam.

Avara adalah perusahaan swasta terbesar di Herefordshire dan perusahaan tersebut memproses dua juta ayam di pabrik Hereford setiap minggunya.

Perusahaan tersebut mengatakan pihaknya mengurangi jumlah lahan pertanian di wilayah tersebut dari 120 menjadi 104 dan jumlah pupuk kandang yang dihasilkan dari 160.000 ton per tahun menjadi 142.000 ton.

Situs webnya menyatakan bahwa kotoran unggas dari rantai pasokannya tidak akan tersedia untuk dijual, sebagai pupuk, di daerah tangkapan air Wye mulai Januari 2024.

Juru bicara Avara mengatakan perusahaannya yakin tidak ada kasus yang perlu dibela. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa kasus tersebut "mengabaikan penggunaan pupuk kaya fosfat yang telah lama dilakukan oleh peternakan serta data ilmiah yang jelas menunjukkan bahwa masalah kelebihan fosfor sudah ada jauh sebelum pertumbuhan peternakan unggas di daerah tangkapan air Wye."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved