Sumber foto: Google

Pohon Sequoia Raksasa Pohon Terbesar di Dunia Tumbuh Subur di Inggris

Tanggal: 13 Mar 2024 14:01 wib.
Pohon sequoia raksasa pohon terbesar di dunia tumbuh subur di Inggris dan kini jumlahnya bahkan melebihi jumlah pohon yang ditemukan di daerah asalnya di Kalifornia.

Raksasa ini pertama kali dibawa ke Inggris sekitar 160 tahun yang lalu, dan sebuah studi baru menunjukkan bahwa mereka tumbuh pada tingkat yang sama dengan rekan-rekan mereka di AS.

Diperkirakan terdapat 500.000 pohon di Inggris dibandingkan dengan 80.000 pohon di California.

Namun mereka belum setinggi itu. Di California tingginya bisa mencapai 90m, tapi di Inggris yang tertinggi adalah 54,87m.

Namun itu karena pohon introduksi masih sangat muda. Pohon sequoia raksasa bisa hidup lebih dari 2.000 tahun, jadi masih ada banyak waktu bagi pohon-pohon di Inggris untuk mengejar ketertinggalannya.

“Setengah juta pohon masih banyak yang belum terdeteksi hingga saat ini, namun saat Anda mulai mencarinya di lanskap, dan mengumpulkan kumpulan data, barulah Anda menyadari betapa banyaknya pohon yang ada,” kata Dr Phil Wilkes, salah satu peneliti penulis penelitian, dari kebun raya Kew di Wakehurst di Sussex.

Saat ini, beberapa membentuk jalan besar sementara yang lain berdiri dalam satu atau dua jalan. Namun mereka mudah dikenali: mahkotanya yang lebat dan berbentuk kerucut berdiri tegak dengan segala sesuatu di sekitarnya.

Untuk menilai bagaimana pohon raksasa ini beradaptasi dengan habitatnya di Inggris, para ilmuwan memilih sampel dari hampir 5.000 pohon untuk dipelajari di Wakehurst, Benmore Botanic Garden di Skotlandia, dan Havering Country Park di Essex.

Mereka menggunakan pemindai laser untuk mengukur tinggi dan volume beberapa pohon ini juga merupakan cara untuk menimbang pohon tanpa menebangnya.

Para peneliti menemukan bahwa pohon-pohon tersebut tumbuh secepat pohon sequoia raksasa di rumah asli mereka di pegunungan Sierra Nevada. Iklim di Inggris tampaknya cocok untuk mereka, kata Dr Wilkes.

“Di tempat mereka tumbuh di California, suhunya lebih sejuk dan lembab dibandingkan yang biasanya Anda bayangkan di California,” jelasnya.

“Dan kita mempunyai iklim yang serupa di sini – sangat basah dan mereka membutuhkan kelembapan untuk tumbuh.”

Para ilmuwan juga mengamati berapa banyak karbon dioksida yang diserap oleh pohon-pohon menyerap dan menyimpan gas rumah kaca dan menanam lebih banyak pohon dapat berperan dalam membantu mengatasi perubahan iklim.

Para peneliti menemukan bahwa karena ukurannya yang besar, pohon sequoia raksasa dapat mengunci sejumlah besar karbon dioksida di dalam kayunya meskipun tidak sebanyak pohon sequoia di AS.

Pepohonan di Wakehurst, yang tingginya sekitar 45m, menyimpan sekitar 10 hingga 15 ton karbon di dalamnya, jelas Dr Wilkes.

“Tetapi bandingkan dengan pohon terbesar di California, yang menyimpan sekitar 250 ton karbon di dalamnya, dan pohon ini cukup kecil. Tapi tahukah Anda, pohon ini bisa menjadi sebesar itu.”

Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian ini dengan cepat menunjukkan bahwa menanam hutan pohon sequoia raksasa tidak akan cukup untuk mengurangi jumlah karbon dioksida di atmosfer secara signifikan. Namun pohon raksasa yang megah ini dapat berperan dalam penanaman hutan campuran dengan berbagai jenis pohon lain, baik asli maupun impor.

Di California, keajaiban alam berada di bawah ancaman perubahan iklim - hal ini tidak berjalan baik dengan cuaca yang lebih panas dan kering serta kebakaran hutan yang lebih hebat.

Jadi bisakah Inggris menjadi rumah baru mereka?

Di jalan yang awalnya ditanami pepohonan sebagai pintu masuk megah ke sebuah rumah besar yang kini dibongkar di Havering Country Park, Prof Mat Disney, dari University College London, mengatakan menurutnya hal itu lebih dari mungkin.

“Dalam hal iklim, mungkin tekanan hidup mereka di sini akan lebih sedikit dibandingkan di California,” katanya.

Meskipun dia menunjukkan bahwa kondisi di Inggris juga berubah seiring dengan perubahan iklim.

Pohon sequoia raksasa ditanam sebagai pohon muda di seluruh negeri, sering kali oleh pemerintah setempat di taman umum atau tempat rekreasi.

Prof Disney mengatakan mereka mempunyai umur yang panjang dan mereka tidak akan bertahan lama.

“Pohon ini tumbuh sangat cepat, dan tumbuh besar. Begitu tingginya mencapai sekitar 60 m, pohon ini akan menjadi pohon tertinggi di Inggris, dan kemudian akan terus tumbuh,” katanya.

Namun, meskipun pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik di Inggris, kecil kemungkinannya mereka akan mengambil alih hutan asli kita dalam waktu dekat - pohon-pohon tersebut tidak dapat berkembang biak di sini karena memerlukan kondisi yang sangat spesifik untuk menghasilkan benih.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved