Negara Dengan Curah Hujan Tertinggi di Dunia

Tanggal: 14 Jun 2018 11:16 wib.
 Negara  Dengan Curah Hujan Tertinggi di Dunia

 

Curah hujan merupakan jumlah air yang jatuh di permukaan tanah datar selama periode tertentu, yang diukur dengan satuan tinggi millimeter (mm).

Curah hujan di suatu tempat antara lain dipengaruhi oleh keadaan iklim, keadaan orografi dan perputaran pertemuan arus udara.

Berikut ini tempat-tempat dengan curah hujan paling tinggi sedunia.

 

1. Desa Mawsynram, Meghalaya, India

Mawsynram mendapat predikat sebagai tempat terbasah di dunia. Curah hujan tahunan disini mencapai 11.871 mm, sedangkan di Indonesia saja masih pada kisaran 2000-3000 mm/tahun. Letak Mawsynram yang berdekatan dengan Bangladesh dan Teluk Benggala jadi alasan kenapa desa ini menerima curah hujan tinggi.

 

2. Cherrapunji, India

Setelah Mawsynram, Cherrapunji mengekor di belakangnya sebagai negara dengan curah hujan tertinggi yaitu 11.777 mm pertahunnya. Mirisnya, meski menyadang status sebagai tempat terbasah, penduduk Cherrapunji pernah kekurangan air ketika hujan tidak turun sama sekali.

 

3. Tutunendo, Kolombia, Amerika Selatan

Di peringkat ketiga diduduki oleh Tutunendo di Kolombia. Diguyur oleh dua musim hujan selama setahun membuat kota yang terletak di Amerika Selatan ini menerima curah hujan rata-rata 11.770 mm pertahunnya.

 

4. Cropp River, Selandia Baru

Selandia Baru letaknya bersebelahan dengan Australia. Selandia Baru adalah negara kecil, yang ukurannya seperti Britania Raya atau Jepang. Dengan populasi hanya empat juta orang, negara ini termasuk sepi. Tapi ada satu tempat di Selandia Baru yaitu Cropp River yang memiliki curah hujan sebesar 11.516 mm pertahunnya.

 

5. San Antonio de Ureca, Bioko Island, Equatorial Guinea

San Antonia de Ureca menjadi tempat terbasah di Afrika dan peringkat ke 5 di seluruh dunia. Musim kering disini hanya berlangsung selama 5 bulan yaitu November sampai Maret. 7 bulan sisanya, San Antonio de Ureca diguyur hujan. Curah hujan disini mencapai 10.450 mm/tahunnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved