Sumber foto: Google

Mengapa Pengunjung Olimpiade Harus Tinggal di Pinggiran Kota Paris Saat Musim Panas Ini

Tanggal: 19 Mar 2024 15:16 wib.
Wilayah Ile de France dan pinggiran kota Paris menawarkan alternatif yang menyegarkan selain ibu kota bagi mereka yang bepergian ke Perancis untuk menghadiri Olimpiade pada bulan Juli ini.

Bayangkan, Anda bangun di pagi hari di akhir bulan Juli, matahari menyelinap melalui tirai, burung berkicau dan Anda mendengar suara kuda meringkik. Anda melihat ke luar jendela ke halaman di bawah tempat seorang pengendara kembali ke istal setelah berlari kencang di ladang.

Anda menginap di sekolah berkuda bernama Haras de la Clairière , yang menyewakan kamar di Airbnb mulai dari €35 per malam. Anda adalah salah satu dari 2,3 juta orang yang telah membeli setidaknya satu tiket untuk acara Olimpiade. Dan, karena acara Olimpiade tersebar di seluruh wilayah Paris, Anda memiliki ide cerdas untuk memesan kamar di salah satu daerah pedesaan yang terpencil. 

Le Haras de la Clairière berjarak 60 km sebelah barat Paris dan, meskipun memerlukan sedikit perjalanan ke Menara Eiffel (40 menit dengan kereta api dari stasiun lokal Gazeran ke Gare Montparnasse, ditambah 15 menit dengan metro), tempat ini berguna untuk Acara Olimpiade yang berlangsung di sebelah barat Paris seperti bersepeda di Vélodrome di Saint-Quentin-en-Yvelines, acara berkuda di taman Istana Versailles atau bersepeda gunung di Élancourt .

Pada hari-hari ketika Anda tidak memiliki tiket Olimpiade, Anda dapat berjalan-jalan di bawah naungan pohon ek yang menjulang tinggi di hutan Rambouillet , yang lebih besar dari Paris sendiri, mendayung melintasi danau di depan château Rambouillet , atau bahkan mengunjungi 18th- Peternakan model abad, Dan ada ratusan tempat seperti ini di perbatasan pedesaan wilayah Paris.


Bepergian di Paris


Otoritas transportasi regional Paris akan memasok layanan kereta dan bus 15% lebih banyak dari biasanya mulai tanggal 20 Juli hingga 8 September. Di antara tanggal-tanggal tersebut, tiket metro/bus akan berharga €4 per tiket sementara tiket "Asal-Tujuan" untuk mana pun di wilayah Paris akan berharga €6 per tiket/€48 untuk 10 orang.
Layanan bus ke dan dari Bandara Roissy-Charles-De-Gaulle dan Orly akan dikenakan biaya €16.
Tidak ada kartu perjalanan harian atau mingguan yang akan dijual selama Olimpiade.
Untuk menghitung kombinasi bus dan kereta yang rumit, aplikasi transportasi seperti Moovit dan Citymapper akan memandu Anda hingga tuntas.

Misalnya, mereka melihat peningkatan tiga kali lipat dalam tampilan daftar di Vaires-sur-Marne, tempat stadion bahari untuk mendayung dan kano berada, dan di Le Bourget , tempat pendakian akan dilakukan. Namun jangan menunggu untuk memesan karena orang-orang mulai mengetahuinya. 

Dan bahkan jika Anda hendak menghadiri acara di dalam kota, tinggal di pinggiran kota masih bisa menjadi pilihan yang baik karena lebih murah, tidak terlalu ramai turis, dan memungkinkan Anda menjelajah lebih jauh dari tempat-tempat terkenal biasanya.

Transportasi umum sangat baik di Ile-de-France (sebutan juga wilayah Paris). Ini adalah jaringan padat dengan 390 stasiun kereta di luar Paris sendiri. Transportasi umum di Prancis mendapat subsidi besar, jadi meskipun harga tiket telah dinaikkan selama Olimpiade, tiket "Tujuan Asal" untuk pergi ke mana pun di wilayah Paris hanya akan berharga €6 (atau €48 untuk 10 orang). Itu berarti Anda dapat melakukan perjalanan, katakanlah, 70 km ke selatan dari Notre Dame ke kota Fontainebleau – di mana terdapat château luar biasa di tengah hutan yang lebih luas – hanya dengan harga café crème .

Pilihan lainnya adalah Versailles, hanya 15 menit dengan kereta api ke pusat kota Paris. Di sini, selain istana, taman , dan desa mainan Marie-Antoinette , Anda memiliki gedung opera di dalam istana itu sendiri dan, di seberangnya, akademi berkuda raja tempat teater manusia kuda Prancis, Bartabas, mengadakan pertunjukan. Dan tepat di seberang istana terdapat Petit Bouillon Versailles . Kebangkitan kembali kaldu , restoran tradisional murah yang dirintis pada abad ke-19, adalah fenomena restoran Prancis saat ini – dan ini adalah contoh yang baik. 

Atau Anda dapat menuju ke St-Germain-en-Laye , 30 km barat laut Paris: kota tua yang indah dengan kastil abad pertengahan yang dibentengi dan kereta api yang sering membawa Anda ke pusat kota Paris dalam 90 menit. Itu juga merupakan tempat tinggal tim Olimpiade Inggris. Saat Anda berada di sana, jangan lewatkan Museum Maurice Denis , bekas rumah sakit yang dibeli dan dibuat oleh pelukis pasca-Impresionis menjadi rumah dan studionya, yang berisi beberapa lukisan terindahnya. 

Bagian timur Paris adalah tempat sebagian besar aksi Olimpiade akan berlangsung, dengan pinggiran kota Seine-Saint-Denis menjadi tuan rumah pertandingan atletik di Stade de France dan renang di Olympic Aquatic Centre dan Olympic Village .

Jika Anda lebih suka tinggal di pedesaan, kota katedral Meaux (tempat keju Brie dibuat) dikelilingi oleh pedesaan dan hanya berjarak 46 km dari Stade de France (salah satu dari perjalanan setengah jam €6 dengan kereta api). Pada awal Perang Dunia Pertama, tentara Jerman sudah sampai sejauh ini sebelum pasukan Prancis, yang sebagian besar dilarikan ke garis depan oleh relawan taksi Paris, menghentikan pergerakan mereka di Pertempuran Marne. Saat tidak menyaksikan lari gawang 400m atau lempar palu, pengunjung dapat menjelajahi Musee de la Grande Guerre yang mengesankan dengan koleksi seragam Perang Dunia I terbesar di dunia dan rekonstruksi parit Prancis dan Jerman.

Jika Anda lebih suka melihat pemandangan yang lebih dekat, Seine-Saint-Denis sendiri adalah pilihan lainnya. Meskipun – seperti banyak banlieues (pinggiran kota) Paris lainnya – tidak memiliki reputasi yang baik, sering dikaitkan dengan kemiskinan dan kejahatan, Prancis telah banyak berinvestasi di Seine-Saint-Denis menjelang Olimpiade. Perkampungan Olimpiade yang sangat ekologis ada di sini, di sebuah pulau di Sungai Seine yang terhubung ke kota metropolitan melalui jembatan baru. Di sini juga terdapat salah satu stasiun besar pertama dari jaringan kereta api baru yang ambisius yang disebut Grand Paris Express yang akan dibuka tepat pada waktunya untuk Olimpiade dan mempercepat koneksi dengan wilayah lain di Ile-de-France. Selain itu, ada banyak alasan non-Olimpiade yang bagus untuk mengunjungi Seine-Saint-Denis. Pasar loak Saint-Ouen adalah pasar barang antik terbesar di dunia dan tambang emas untuk pakaian vintage, barang antik, dan pernak-pernik. Dan jangan lewatkan Chope des Puces , kafe sederhana tempat musisi lokal memainkan lagu "gypsy swing" yang dipopulerkan oleh gitaris Romani, Django Reinhardt. 

Secara artistik dan gastronomi, ada banyak hal yang terjadi di Seine-Saint-Denis juga. Di Aubervilliers, dekat Paris Aquatic Centre, Sidi Bou adalah restoran couscous ikan terbaik di wilayah Paris; sementara Muse , sebuah restoran Saint-Ouen di sebuah pabrik yang ditinggalkan dan menjadi fasilitas produksi film indie, menyajikan cita rasa Afrika, Kreol, Amerika Latin, dan Prancis dengan harga murah. Juga di Saint-Ouen, koki Prancis Thierry Marx akan menjadi koki pertama yang membuka kaldu musim panas ini. 

Di Saint-Denis sendiri, kota utama Seine-Saint-Denis, Basilica Saint-Denis adalah salah satu katedral Gotik tertua dan terindah di dunia dan berisi sisa-sisa seluruh raja dan ratu Perancis hingga Revolusi.

Beberapa ratus meter dari Basilika terdapat Marché Saint-Denis, pasar terbesar dan paling ramai di wilayah Paris dengan ruang makan indah dari besi terpaku yang dibangun bersamaan dengan Menara Eiffel. Di sinilah Anda harus berbelanja makanan jika Anda ingin tinggal sebentar di area tersebut atau sekadar datang dan membeli camilan Tunisia yang murah dan lezat di kedai makanan bernama Délices de Biskra. Pemiliknya, Djamila Hadji, mengatakan kepada saya bahwa dia menyukai pemandangan dan suara pasar tempat dia bekerja selama beberapa dekade. "Itu bioskop!" dia berkata. Yang bisa dibilang untuk wilayah Paris secara umum. Ada begitu banyak yang bisa dilihat, begitu banyak yang bisa ditemukan. Dan sekarang, lebih dari sebelumnya, adalah waktu yang tepat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved