Lilin Terbuat dari apa?

Tanggal: 5 Apr 2018 23:44 wib.
Tampang.com - Anda pernah menggunakan lilin? Di tengah kemajuan teknologi  saat ini Lilin merupakan salah satu penerangan yang sampai saat ini masih beredar di tengah masyarakat.

Lilin biasanya digunakan sebagai  alat penerangan alternatif saat terjadi pemadaman listrik.  Selain itu lilin juga sering kita jumpai dalam perayaan ulang tahun.  Tak hanya itu, lilin juga sering dipilih untuk dekorasi sebuah acara yang bernuansa romantis. Bahkan lebih menariknya lagi, Lilin juga sangat identik dengan perayaan hari besar agama tertentu. Lilin memiliki makna tersendiri dalam perayaan hari besar keagamaan, seperti yang sering dipakai oleh agama Kristen dalam merayakan hari Natal.

Namun walaupun kita sudah  sering melihat dan menggunakan lilin, kira-kira banyak nggak  yang tau terbuat dari apakah lilin itu?

Bagi yang belum tau, yuk simak penjelasan berikut.

 Lilin adalah alat penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Sebelum abad ke-19, bahan bakar yang digunakan adalah lemak sapi (banyak mengandung asam stearat.)

Saat ini bahan baku lilin mengalami modifikasi, bahan yang biasanya digunakan adalah parafin. Parafin dikenal sebagai minyak bumi.

 

Lilin parafin didapat dari proses penyulingan minyak bumi.

Namun selain lewat proses penyulingan, parafin juga bisa didapat dari proses kristalisasi. Proses ini dilakukan setelah proses penyulingan.

 

Demikian sekilas tentang lilin.  Semoga bermanfaat ya sob.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved