Keuntungan Memelihara Ikan Cupang

Tanggal: 25 Apr 2018 18:20 wib.
Keuntungan Memelihara Ikan Cupang

 

Ikan cupang termasuk ikan yang kuat karena walaupun termasuk ikan kecil, namun memiliki daya tahan terhadap lingkungan yang sangat luar biasa.

Ikan cupang awalnya hidup di iklim tropis namun dapat hidup di berbagai belahan dunia.

Ikan cupang juga tergolong agresif, sehingga ikan ini  harus dipisahkan dari ikan cupang yang lain agar tidak menimbulkan kematian akibat perkelahian.

Jika dibandingkan dengan peliharaan ikan lainya, ikan cupang memiliki kelebihan yang tidak dimiliki ikan lainya. Berikut beberapa kelebihan memelihara ikan cupang.

 

1. Tidak Membutuhkan Aerator.

Aerator adalah alat pemompa udara yang digunakan pada akuarium. Ada beberapa jenis ikan hias yang tidak bisa hidup bila tidak ada udara dengan jumlah banyak di dalam air, contoh ikan koki.

Ikan cupang tidak memerlukan aerator karena ikan ini memiliki organ tubuh khusus yang biasa dikenal sebagai labirin yang letaknya ada di sebelah atas kepala.  Hal ini memungkinkan ikan cupang untuk bernafas dengan menghirup oksigen  yang berasal dari permukaan air dan mampu untuk mempertahankan hidupnya di dalam air dalam waktu yang lama meskipun menghirup oksigen yang sangat sedikit.

 

2. Dapat Hidup Lama Tanpa Makanan.

Cupang dapat bertahan hidup walaupun Anda tidak memberinya makan selama 14 (dua minggu). Tetapi hal yang harus diingat ketika Anda ingin meninggalkan ikan cupang dalam waktu yang ckup lama maka sebaiknya jangan memberinya banyak makan sebelum berpuasa.

 

3. Harga Terjangkau

Selain memiliki banyak jenis,warna dan rupa yang menarik. Kelebihan ikan cupang juga terletak pada harganya yang terjangkau. Untuk dapat memelihara ikan cupang tidak perlu menghabiskan uang yang banyak. Ikan cupang dijual dengan harga yang sangat murah karena ikan ini mudah didapatkan. Namun untuk ikan cupang jenis tertentu dan sudah dirawat secara baik, bisa dibandrol dengan harga jutaan. Ini juga dapat menjadi kelebihan yaitu dapat menambah penghasilan bila Anda pintar merawatnya.

Itulah beberapa kelebihan memelihara ikan cupang. Semoga bermanfaat.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved