Sumber foto: Google

KBRI Yangon Upayakan Selamatkan WNI di Myawaddy

Tanggal: 9 Sep 2024 13:10 wib.
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) mengatakan telah berkoordinasi dengan KBRI Yangon untuk menyelamatkan para WNI (Warga Negara Indonesia) di distrik perbatasan Myawaddy di Myanmar. Distrik ini saat ini berada dalam wilayah konflik bersenjata yang dikuasai oleh pihak pemberontak, Wilayah tersebut berada di Hpa Lu, wilayah terpencil di Myawaddy, Myanmar. menyebabkan kekhawatiran atas keselamatan warga negara Indonesia yang berada di sana.

Kemlu juga telah memonitor beredarnya dua video yang diduga para WNI disekap dan disiksa di Myawaddy, Myanmar. Myawaddy merupakan salah satu daerah yang terkena dampak dari konflik bersenjata antara pihak militer Myanmar dan kelompok pemberontak. Sebagai akibat dari konflik tersebut, KBRI Yangon bersama dengan pihak otoritas setempat berupaya untuk mengevakuasi dan menyelamatkan para WNI yang berada di wilayah tersebut.

Koordinator Perlindungan WNI dan BHI (Bantuan Hukum Indonesia) KBRI Yangon, menyatakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya koordinasi dengan pihak terkait di dalam wilayah konflik untuk memastikan keselamatan dan evakuasi para WNI yang berada di Myawaddy. Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari komitmen pemerintah Indonesia dalam melindungi seluruh WNI di manapun mereka berada, terutama dalam situasi konflik atau bencana alam.

Kemlu juga telah memberikan peringatan kepada WNI yang berada di Myanmar untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan situasi keamanan di sekitar mereka. Para WNI diharapkan untuk selalu terhubung dengan KBRI Yangon agar mendapatkan informasi terkini dan arahan dalam menghadapi kondisi darurat yang mungkin terjadi.

Pihak KBRI Yangon juga terus memantau perkembangan situasi di Myanmar untuk memastikan keselamatan seluruh WNI di sana. Selain itu, KBRI juga mendapatkan dukungan dari pihak otoritas setempat dalam menjalankan upaya penyelamatan dan evakuasi bagi para WNI yang berada di wilayah tersebut.

Konflik bersenjata yang terjadi di Myawaddy Myanmar menimbulkan kekhawatiran atas keselamatan para WNI yang berada di sana. Oleh karena itu, langkah-langkah koordinasi dan upaya penyelamatan yang dilakukan oleh KBRI Yangon bersama dengan pihak terkait di dalam wilayah konflik menjadi sangat penting dalam memastikan keselamatan para WNI.

Dalam kondisi-kondisi darurat seperti ini, koordinasi yang baik antara KBRI, Kemlu, dan pihak terkait di dalam wilayah konflik menjadi kunci utama dalam upaya penyelamatan dan evakuasi bagi WNI. Langkah-langkah ini juga menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia dalam melindungi dan menjaga keselamatan seluruh WNI di manapun mereka berada.

Situasi di Myanmar tetap menjadi perhatian serius bagi pemerintah Indonesia, terutama dalam upaya penanganan dan pemastian keselamatan para WNI di sana. Dukungan dan koordinasi antara KBRI Yangon, Kemlu, dan pihak terkait di dalam wilayah konflik menjadi landasan utama untuk terus melakukan upaya penyelamatan dan pemastian keselamatan bagi para WNI yang berada di Myawaddy Myanmar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved