Kafe Untuk Penyandang Tuna Rungu Kini Tersedia di Kolombia

Tanggal: 7 Agu 2017 20:33 wib.
Tampang.com - Di Kolombia, telah dibuka restoran untuk penyandang tuna rungu. Restoran tersebut bernama The Sin Palabras Cafe Sordo yang dibuka di daerah Chapinero, Bogota.

Salah satu pemilik, Maria Fernanda Vanegas mengatakan, kafe itu menyediakan layar besar dan alat pemutar musik video dengan bahasa isyarat serta ruang untuk menari bagi mereka yang tidak bisa mendengar.

"Ini ditujukan untuk kami, orang-orang yang bisa mendengar, untuk beradaptasi dengan penderita tuna runggu," kata Vanegas, seperti yang dilansir Straits Times pada 7 Agustus 2017.

Tak hanya fasilitas saja yang didukung dengan bahasa isyarat, tetapi menu pun diterjemahkan pada bahasa isyarat. Ada beberapa permainan yang disediakan, seperti jenga atau domino yang dapat dimainkan pengunjung.

Vanegas dan dua mitranya, Cristian Melo dan Jessica Mojica sudah lama berniat membuka kafe seperti itu untuk memfasilitasi lebih 50.000 penyandang tuna runggu di Kolombia.

"Inilah kali pertama saya berpeluang menikmati musik dan menari. Saya sangat senang," kata Erin Priscila Pinto, siswa bidang fotografi yang mengunjungi kafe itu bersama temannya, Carol Aguilera.

Selain itu, 6 pelayan kafe itu juga tuna rungu, bahkan banyak pelanggan tidak tahu bahasa isyarat, mereka memesan makanan dan minuman tanpa masalah, termasuk menulis pada kertas.

Gagasan untuk kafe tersebut sampai kepada pemiliknya ketika mereka melihat sekelompok orang tuna rungu minum kopi, dan bertanya kepada mereka tentang kehidupan sosial mereka. Sekarang mereka ingin membuka lebih banyak bar seperti ini di Kolombia dan tempat lain.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved