Gedung Tertipis di Lebanon Ini Ternyata Dilandasi dari Dendam Dua Saudara

Tanggal: 21 Nov 2017 17:10 wib.
Tampang.com - Di ibukota Lebanon, Beirut terdapat sebuah gedung dengan tampilan unik. Jika dilihat dari depan, tampilan gedung ini layaknya gedung bertingkat pada umumnya. Namun, lebar gedung ini ternyata tak sampai 1 meter. Untuk tingginya, gedung ini mencapai 14 meter. Gedung ini merupakan gedung tertipis di Lebanon.

Dikutip dari laman Amusing Planet, gedung ini biasa dikenal dengan nama Al-Ba'sa yang berarti dendam. Ternyata, gedung ini memiliki cerita dibalik namanya.



Menurut cerita warga setempat, gedung dan lahan di sekitarnya dulu dimiliki oleh sepasang saudara. Masing-masing mewarisi sepetak lahan, namun terjadi konflik di antara keduanya. Salah satu saudara merasa iri karena dia mendapatkan sebidang tanah yang sangat kecil.

Karena tak dapat membangun suatu bangunan yang berguna dan menguntungkan, akhirnya si saudara yang iri ini membangun bangunan sempit nan tinggi, dengan tujuan menghalangi pemandangan laut dari bangunan milik saudaranya. Dengan begitu, nilai dari properti saudaranya akan turun.



Gedung al-Ba'sa didirikan pada tahun 1954. Gedung dua lantai tersebut memiliki lebar 60 cm di bagian tersempit hingga 4 meter di bagian yang paling lebar. Meskipun kelihatannya seperti tembok yang dilengkapi koridor dan jendela saja, sebenarnya gedung ini memang terdiri dari beberapa kamar apartemen sempit yang disewakan dengan harga terjangkau.

Para pemiliknya yang sekarang enggan untuk merobohkan dan menjual tanahnya yang memang kurang strategis. Di tahun 2014, gedung itu memiliki dua penyewa yang sekaligus menjalankan bisnis di sana.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved