Festival Wayang Kulit di Lampung Raih Rekor MURI

Tanggal: 26 Agu 2017 09:35 wib.
Tampang.com - Festival Dalang Wayang Kulit se-Provinsi Lampung berhasil mencatatkan kegiatannya di Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan jumlah peserta terbanyak yakni 150 orang.

"Saya sangat bangga dengan pemimpin Kota Bandarlampung, masih menyelenggarakan perlombaan kesenian tradisional yang di kota besar sudah jarang sekali," kata Senior Manager MURI Yusuf Ngadri di Bandar Lampung, Kamis malam.



Ia melanjutkan, peserta terbanyak 150 orang terdiri dari 147 laki-laki dan tiga perempuan, rekor ini pun tercatat dengan nomor 8063/r.muri.viii/17 kategori peserta dalang terbanyak.

Ia merasa bangga dan hormat atas digelarnya festival dalang ini, mengingat bahwa kini adalah era modern. "Bandar Lampung begitu berkembang dan berani menyelenggarakannya," kata dia.

Penghargaan ini pun diserahkan langsung kepada Walikota Bandar Lampung, Herman H.N., yang juga selaku pembina Padepokan Puja Kesuma selaku penyelenggara.



"Kepada peserta dalang yang sudah dengan cermat mengikuti dan panitia yang sudah berusaha menyelenggarakan kegiatan ini selama tujuh hari saya sangat bangga dan terima kasih," kata dia.

Ia mengatakan, perhelatan seni wayang kulit ini sebagai upaya mempertahankam budaya bangsa, dan juga kegiatan ini akan diselenggarakan di kabupaten lain.

Dia menegaskan, kegiatan ini terselenggara tanpa menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bandarlampung, tapi dari dana pribadinya.

"Saya tekankan ini sama sekali tidak menggunakan APBD, ini merupakan bentuk kepedulian saya terhadap perkembangan dan kemajuan wayang kulit di Provinsi Lampung," kata dia seperti dikutip Antara.

Kemudian, Ketua Umum Padepokan Puja Kesuma Nuryono mengatakan, akan terus berupaya mengembangkan dan memajukan seni budaya yang menasional ini.

"Kami bersama kawan-kawan akan terus berupaya mempertahankan seni budaya ini," kata dia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved