Ciri Serta Keunikan dari Kucing Persia Himalaya

Tanggal: 4 Apr 2020 16:32 wib.
Bagi para pecinta serta penyayang kucing mungkin atau bahkan sudah mengetahui jenis kucing Himalaya yang sering dipanggil dengan sebutan Himmie. Kucing Himalaya ini sebenarnya masih termasuk pada jenis kucing Persia sehingga  tak jarang kucing disebut sebagai kucing Persia Himalaya. Himalayan ini merupakan hasil dari kawin silang antara dua jenis ras kucing yang berbeda yang tidak lain adalah ras Persia dan Siamese. Kucing jenis ini mempunyai bulu yang relatif lebat serta panjang dan biasanya berwarna putih dengan corak hitam pada bagian wajah dan tangannya. Yang menjadi keunikan dari kucing ini yaitu warna matanya di mana matanya berwarna biru. Dan sebagai hewan peliharaan, kucing ini tidak terbiasa dengan suara ramai baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Oleh sebab itulah bila ingin memelihara kucing jenis Himalaya ini sebaiknya harus sering diawasi agar tidak berkeliaran di luar rumah.

Dikutip dari wikipedia bahwa kucing Himalaya ini adalah salah satu jenis kucing yang keberadaannya telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun kucing ini baru diperkenalkan di bagian Eropa pada tahun 1950-an dengan sebutan kucing Persia warna poin. Setelah itu pada tahun 1957, kucing Persia warna poin tersebut terdaftar sebagai salah satu ras kucing yang berbeda dengan kucing Persia. Lalu diberi nama kucing Himalaya, tetapi di beberapa pendaftaran kucing memasukkannya ke dalam kategori jenis warna kucing Persia. Ini karena terdapat pola serta karakter uang sama dengan kucing Persia. Kini kucing Himalaya sudah dimasukkan ke dalam satu ras sendiri yang berbeda dengan kucing Persia oleh The International Cat Association (TICA). Meskipun demikian kucing Himalaya ini masih dimasukkan ke dalam kelompok yang sama dengan kucing Persia dan kucing eksotis yaitu kelompok Standar Kelompok Ras Persia.

 



Ada beberapa ciri yang sangat menonjol dari kucing Himalaya atau Persia Himalaya yang menjadi daya tarik tersendiri kucing jenis ini yaitu :

1.Warna Bulu

Salah satu ciri khas khusus dari kucing Himalaya adalah warna point. Dan juga karakteristik khusus color point yang mnjadi perbnedaan mencoilok pada setiap sudut dari keseluruhan tubuh mereka. Color point tersebut tidak lain adalah sebuitan untuk corak gelap yang berada di tempat tertentu pada bagian warna bulu kucing Persia Himalaya atau kucing siam ini. Adapun beberapa corak gelap yang ada pada kucing Himalaya ini :


Telinga
Wajah bagian tengah
Ekor
Kaki


Ada beberapa jenis color point pada kucing Himalaya seperti :


Seal point (cklat kehitaman)
Lilac point (abu abu kecoklatan)
Blue point (abu abu)
Cream point (krem)
Red flame point (krem kemerahan)
Chocolate point (coklat)


2.Bentuk Tubuh

Untuk jenis kucing Persia Himalaya ini cenderung bulat dan memiliki bentuk kaki yang pendek. Hal tersebut yang menandakan bila kucing jenis ini merupakan hasil dari keturunan kucing Persia. Namun ada juga kucing Himalaya yang bertubuh langsing, kuat, anggun dan lincah yang menandakan bahwa kucing Himalaya tersebut hasil dari keturunan kucing siam.

3.Bulu

Sekilas panjang bulu pada kucing jenis ini hampir mirip dengan jenis kucing Persia lainnya. Yaitu dengan memiliki ukuran bulu yang cukup panjang sekitar 2-3 cm.

4.Bentuk Wajah

bentuk wajah pada kucing Himalaya ini terdapat dua jenis yaitu himallayan doll face dan himallayan ultra face. Pada himallayan doll face umumnya memiliki mimik bentuk wajah yang lumayan pesek bila dilihat dari samping. Sedangkan himallayan ultra face mimik wajahnya sangat pesek bila dilihat dari samping. 

5.Sifat

Sama halnya dengan kucing Persia memiliki sifat agak tenang, cerdas dan mau berinteraksi dengan siapa pun. Tetapi kucing Himalaya ini cenderung agak tenang dan akan senang juga aktif bila bermain. Kucing Himalaya ini sangat cocok sebgai hewan peliharaan karena mempunyai sifat yang ramah. Dan tidak hanya itu, kucing jenis ini dapat menjadi teman bermain ketika merasa jenuh dengan berbagai kegiatan. 



Itulah beberapa informasi mengenai kucing Himalaya sekiranya dapat menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved