Ciri-ciri dan Berbagai Keunggulan Sapi Simental Marlboro Dibandingkan Jenis Sapi Lainnya

Tanggal: 22 Sep 2023 10:37 wib.
Sapi Simental Marlboro merupakan jenis sapi pedaging dan peternak Indonesia biasanya menyebutnya dengan sapi Metal. Sapi Ini tergolong dalam keluarga Bos Taurus, berasal dari daerah Lembah Simme yang terletak di Oberland Berner di Swiss, akan tetapi sekarang ini perkembangannya cepat dan sudah menyebar ke seluruh dunia. Salah satu keunggulan yang menjadi ciri ciri sapi simental adalah pemeliharaannya yang mudah dikelola, dikenal dan juga sangat jinak dibanding jenis sapi lainnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa sapi simental sebenarnya bukan hanya sebagai penghasil daging yang potensial saja, namun juga merupakan penghasil susu. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan dan keunggulan sapi simental dibanding sapi jenis lain.

Jadi bisa dibilang sapi Simental merupakan sapi dwiguna, karena ciri ciri dan keunggulan sapi simental selain penghasil daging tetapi juga sebagai sapi perah penghasil susu. Tetapi umumnya di mata masyarakat sapi simental terkenal untuk penggemukan sebagai sapi penghasil daging atau sapi potong. Peternak kurang berfokus pada sapi simental sebagai sapi penghasil susu.

Keunggulan sapi simental yang lain ditunjukkan dengan berat sapi metal jantan yang umumya mampu mencapai berat badan 1150 kg sedangkan sapi betina dewasa 800 kg. Secara genetik, Sapi Simental berasal dari wilayah beriklim dingin dan merupakan sapi potong tipe besar. Salah satu ciri ciri sapi simental lain yang menonjol yakni memiliki rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi.

 

Adapun ciri ciri dan kelebihan sapi mental tersebut antara lain adalah :


Warna bulu coklat kemerahan (merah bata), umumnya bentuk badan sapi Simental panjang, kompak dan padat berisi.
Dibagian muka dan lutut kebawah Serta Ujung ekor ber warna putih.
Ciri ciri Sapi Simental yang selanjutnya, Sapi Simental jantan dewasa berat tubuhnya bisa mencapi 1.400 kg, Sedangkan berat badan Sapi Simental dewasa betina bisa mencapai 600 – 800 kg.
Ciri terakhir sekaligus yang menjadi kelebihan sapi simental dibanding jenis sapi lain adalah perharinya berat badan sapi simental bisa bertambah 1,5 hingga 2,1 kg.


Keunggulan Sapi Marlboro Simental di antaranya adalah :


Kelebihan sapi simental yang pertama, yakni sapi jenis pedaging yang mampu mencapai berat 1.400 kg untuk sapi usia dewasa.
Sapi metal pedaging memiliki metabolisme yang cepat, sehingga pertambahan bobot setiap harinya bisa mencapai 2,1 kg. 
Keunggulan sapi metal yang terakhir terdapat pada pembagian lemak dan dagingnya. Presentase Lemak jauh lebih sedikit dibandingkan dengan dagingnya. Sehingga Sapi Simental bisa untuk sapi perah dan pedaging / potong.


Terdapat beberapa jenis sapi yang banyak diminati sebagai hewan kurban yaitu  sapi simental dan sapi limosin. Kedua jenis sapi itu dianggap mempunyai kualitas daging yang bagus, sehingga cocok digunakan sebagai hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha. Untuk harga jenis sapi simental beragam, namun biasanya cukup mahal sesuai bobot tubuhnya.

Namun harga sapi simental tersebut tidak mengikat, oleh karena itu harganya yang bisa berubah sewaktu-waktu. Apalagi saat sedang menjelang Hari Raya Kurban, harga harga sapi Simental Marlboro ini bisa saja akan melonjak gila-gilaan. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hewan ternak, khususnya hewan kurban dapat menghubungi Kami, PT Visi Arlion Internasional. 

Bisnis kami mencakup penyediaan pakan ternak yang berkualitas, pengembangan teknologi kesehatan hewan, dan pengelolaan kesehatan hewan yang efektif. Kami siap membantu Anda untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan akan hewan ternak, khususnya sapi, kambing, dan domba. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi lebih lanjut mengenai hewan ternak yang kami kelola.

 


Jl. Sleman - Turi No.KM 4, Kadisobo I,

Trimulyo, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman,

Daerah Istimewa Yogyakarta 55513

WA : 081212333589

Email : sales@arlion.co.id
Copyright © Tampang.com
All rights reserved