Pulau Giliyang, Pulau yang Miliki Kadar Oksigen Kedua Terbaik Dunia

Tanggal: 22 Jul 2017 07:17 wib.
Tampang.com - Indonesia dikenal sekali dengan wisatanya. Selain Bali masih banyak lagi sebenarnya destinasi wisata yang tidak kalah dengan Bali. Salah satunya adalah Pulau Giliyang yang berada di Sumenep, Madura.

Selain pantainya yang indah, ternyata Pulau Giliyang juga dinobatkan sebagai pulau dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia.

Dari hasil penelilitian LAPAN pada 2006, kadar oksigen yang berada di pulau itu berkisar 3,4 persen hingga 4,8 persen di atas normal. Bahkan pada tahun 2016, penelitian serupa dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep. Hasilnya, kandungan oksigen Pulau Giliyang di atas rata-rata wilayah lainnya, yakni 21 persen.
â €
“Banyak yang belum mengenal pulau ini kan? Silakan dicoba, menghirup oksigen terbaik di sana!” Ujar Menpar Arief Yahya.

Kabag Humas Pemkab Sumenep, Abdul Kadir mengatakan, Giliyang sangat berpotensi menjadi jujukan wisatawan. Karena kadar oksigen terbaik dunia kedua setelah Yordania. Apalagi kini Pemkab sudah mencanangkan Visit Sumenep 2018.

Untuk infrastruktur sudah banyak perbaikan. Bahkan menurut Kadir, pembangunannya tergolong paling pesat dibanding pulau-pulau lain yang juga menjadi kawasan wisata. Homestay di rumah penduduk sudah dipersiapkan. “Namun, kami masih perlu juga melakukan promosi besar-besaran, agar benar-benar layak jual,” katanya.

Bila pengunjung merasa punya banyak waktu untuk tinggal, maka pengunjung bisa bermalam di homestay yang menjadi satu dengan pemilik rumah. Pemilik rumah akan menyiapkan pula sarapan pagi, bila menginap.

Untuk keperluan kuliner, jangan khawatir warga juga sudah menyiapkannya, meskipun masih belum ada kuliner khas di desa tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved