Pesona Istana Mewah nan Megah di Mysore

Tanggal: 14 Nov 2017 17:03 wib.
Tampang.com - Ada lokasi yang terbilang mewah dan megah di kota terbesar ketiga di India, Mysore. Kota ini mendapatkan julukan sebagai Kota Istana. Hal ini karena, terdapat 7 istana kerajaan yang berdiri disini.

Dari ke-7 Istana tersebut, yang terindah dikenal sebagai Amba Vilas yang biasa dikenal sebagai Istana Mysore. Istana ini merupakan pusat kedudukan Kerajaan Mysore dan saksi bisu sejarah Dinasti Wadiyar.



Istana berada di pusat kota dan menghadap langsung ke Bukit Chamundi yang terlihat di bagian timur. Istana Mysore merupakan warisan seni arsitektur yang diakui keindahannya, menampilkan kombinasi arsitektur Indo-Saracen terbaik.



Istana Mysore memiliki hampir semuanya. Mulai dari ruang-ruang berdesain indah seperti Ambavilas, ruang bertahta emas, paviliun boneka Gombe Thotti, Kalyana Mantapa, dan aula Durbar. Juga ada sebuah kuil, Shveta Varaha Swami yang berdiri di pelataran kompleks istana.

Istana ini terlihat paling megah ketika festival Dasara yang dilangsungkan pada bulan September dan Oktober. Saat itu seluruh bangunan 'dinyalakan' dengan 10.000 bola lampu.



Menurut sejarah, ternyata istana ini adalah bangunan kedua, setelah istana yang asli hancur karena kebakaran. Istana ini mulia dibangun pada tahun 1897.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved