7 Jalan Terkeren di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Tanggal: 18 Jan 2018 17:05 wib.
Jalan merupakan sarana bagi masyarakat yang menghubung satu wilayah ke wilayah yang lain. Jika jalan dapat menyuguhkan pemandangan yang indah kepada pengendara akan memberi kesan tersendiri bagi pengendara untuk menikmati perjalanan mereka menuju kota tujuan. Menariknya adalah kita tak perlu keluar negeri untuk menikmati jalan yang menarik dan eksotis karena di Indonesia pun ada beberapa jalan yang dianggap keren dan mampu memanjakan mata pengendara yang melewatinya. Saking kerennya sebagian orang ketika melewati jalan tersebut menyempatkan diri sejenak untuk berfoto dan menikmati pemandangan yang ada. Berikut 7 jalan terkeren di Indonesia.

Tol Banyumanik



Apakah kamu berdomisili di Jawa Tengah? Tentu tidak asing lagi di telingamu nama Tol Banyumanik. Tol bebas hambatan ini menghubungkan kota Semarang dan Ungaran Jawa Tengah. Jalan ini termasuk jalan yang keren di Indonesia karena mempunyai pemandangan yang indah dan bervariasi di setiap pinggir sepanjang jalan. Mulai ketika memasuki pintu tol, kita dapat melihat pemandangan gunung Merbabu dan gunung Merapi dari kejauhan yang terlihat sangat indah. Kemudian sepanjang pinggir jalan dipenuhi oleh deretan pohon pinus yang seolah-olah berada di jalan Aoutbahn, Jerman yakni pemandangan alam kanan dan kiri membuat setiap pengendara menikmati perjalananya.

Jembatan Kelok 9



Jembatan kelok 9 yang di Sumatera Barat ini bisa dikatakatan sebagai destinasi wisata yang keren, dimana jalan ini dibandung dengan desain berkelok-kelok di lokasi perbukitan sekitar jalan Kelok 9. Sesuai dengan namanya jalan ini memiliki 9 tikungan tajam dengan jurang yang terjal pada kontur alam yang menurun di kabupaten Lima Puluh Kota dan dibuat sejak zaman Belanda. Sedangkan jembatan sendiri baru diresmikan pada tahun 2013 untuk mengurangi kemacetan yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau.

Kita tidak akan bosan melintasi jalan ini karena kita dapat menikmati pemandangan yang indah di kanan kiri jalan. Perbukitan yang asri dan pepohonan hijau akan menghiasi sepanjang perjalanan. Bahkan setelah melewati jembatan Kelok 9 terdapat menara pandang yang ramai dikunjungi wisatan lokal maupun turist. Dari atas menara tersebutlah kita dapat melihat detail jembatan Kelok 9 dari ketinggian.

 Kelok 44



Cantik tapi bikin merinding. Itulah gambaran jika kita melewati jalan Kelok 44 di Sumatera Barat. Pemandanga indah tersaji di tebing, namun akan membuatmu cukup ketakutan karena jalannya terdapat 44 kelokan yang curam. Jalan Kelok 44 ini pernah jadi icon ajang balap sepeda skala internasional. Jika Anda belum terlalu pintar menyetir, jangan sekali-kali mencoba melintasi jalan ini karena kelokannya yang benar-benar tajam dan curam bisa menumbulkan bahaya bagi diri sendiri dan pengendara lain. Selalu bisa menikmati sajian keindahan alam kanan kiri jalan, disetiap kelok juga terdapat tempat istrahat untuk para pengendara seperti warung makan, maupun sekadar istrahat.  Panorama hijau dari pepohonan dan air danau menghipnotis siapa saja yang melintasi jalan ini. Tidak heran jika banyak dari pengendara yang sengaja berhenti untuk menikmati keindahan semarak Kelok 44 di Sumatera Barat ini.

Jalan Heat Tembagapura



Heat Tembagapura (Heavy Equipment Access Trails) atau sering disebut dengan Ilyas Road adalah akses jalan yang menghubungkan tambang terbuka dengan area pengolahan bijih. Heat road adalah akses jalan di salah satu medan tersulit di dunia yang pembuatan diarsiteki oleh putra asli Indonesia, Ilyas Hamid.  Jalan ini digunakan untuk mengangkut alat-alat berat menuju area tambang, dan terbentang sepanjang 8 km.

Terletak di Area Pertambangan PT. Freeport punggung Pegunungan Jayawijaya, hingga mencapai ketinggian lebih dari 4000 m di atas permukaan laut, terdapat jalan besar dan lebar yang bisa dilalui dua truk raksasa ini secara beriringan. Yang menakjubkan, jalan besar dan lebar ini tiap hari dilewati kendaraan-kendaraan raksasa ribuan kali, tinggi di atas gunung (dari ketinggian 2500 m hingga 4000 m di atas laut), kuat, dan pernah ditayangkan dalam program Megastructure di channel National Geographic TV. Karena keelokan yang melintasi perbukitan membuat menjadi salah satu terindah di Indonesia.

Jalur Lingkar Nagreg



Jika kamu mendengar Jalur Nagreg mungkin yang terlintas dalam pikiranmu adalah kemacetan setiap hari besar seperti hari lebaran karena dipadati oleh kendaraan-kendaraan yang mau berlibur dan pulang kampung. Namun, tahukah kamu bahwa untuk mengatasi kemacetan tersebut pemerintah membuat jalan alternatif yaitu Jalur Lingkar Nagrek yang membentang di Bandung Jawa Barat ini menampilkan perbukitan yang indah. Salah satu daya tarik lainnya adalah semi terowongan yang dibangun dengan arsitektur yang tak kalah dengan arsitektur jalan-jalan luar negeri. Dinamakan semi terowongan karena sisi bagian atas dibiarkan terbuka sehingga menghasilkan pencahayaan yang indah.

Jalan Pantura Rembang Tuban



Jalan yang satu ini menjadikannya sebagai jalan yang keren karena menyuguhi lintasannya terbentang di sepanjang pinggir pantai. Untuk kamu yang suka dengan pemandangan laut tentu saja jalan ini akan membuatmu terpesona dan ingin berlama-lama untuk menikmati keindahan yang ada.

Tol Mandara Bali



Jalan tol Mandar Bali adalaj jalan tol pertama yang dibangun di Bali. Internasional Ngurah Rai, dan Benoa. Jalan tol ini memiliki panjang total 8 km dan sebagian besar berada di atas laut. Jalan tol ini diresmikan oleh PresidenRI, Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 23 September 2013 di Bali.  jalan ini memang benar-benar menakjubkan karena melintasi lautan yang menyuguhi indahnya laut Bali yang sudah mendunia sejak dulu. 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved