Sudah Tahu Perbedaan Antara Laptop dan Notebook? Ini Perbedaannya

Tanggal: 8 Agu 2020 12:27 wib.
Seiring dengan perkembangan zaman, dulu bila biasanya kita menggunakan perangkat komputer yang diletakkan di atas meja maka kini ada berbagai perangkat komputer yang dikemas dalam bentuk portable seperti laptop. Laptop dapat dengan mudah dibawa ke mana-mana dan setelah kemunculan benda portable tersebut maka muncul suatu istilah seperti laptop dan notebook. Kedua perangkat ini seringkali disamakan meskipun sesungguhnya keduanya jelas berbeda. Dan ternyata tidak semua orang mengetahui perbedaan tentag kedua perangkat tersebut. Lalu apa saja perbedaan antara laptop dan notebook? Berikut ini adalah perbedaan dari keduanya, yaitu : 




Ukuran layar


Dari kedua perangkat ini sebenarnya dapat dibedakan dari segi ukuran layar. Untuk laptop pada umumnya memiliki ukuran layar lebih dari 18 inci sedangkan pada notebook umumnya memiliki ukuran layar dengan dimensi yang lebih kecil yaitu antara 13 sampai dengan 18 inci.


Ukuran berat


Nah, selain dapat dilihat dari segi ukuran layar, bobot dari keduanya pun jelas berbeda. Di mana laptop mempunyai berat sekitar 3 sampai 5 kilogram dan sedangkan notebook mempunyai berat sekitar 1 sampai 2 kilogram.


Spesifikasi grafis


Selanjutnya yang membedakan antara kedua perangkat tersebut yaitu, laptop yang memiliki VGA dengan kapasitas yang lebih mumpuni agar mendukung performa tampilannya. Sementara notebook pada umumnya memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, notebook yang diluncurkan sekarang ini banyak yang memiliki dukungan VGA dengan kapasitas yang cukup besar serta mumpuni.


Perbedaan ukuran RAM


Apabila dilihat dari segi VGA maka kapasitas  RAM pun bisa menjadi perbedaan dari kedua perangkat tersebut. Yaitu dengan laptop yang memiliki kapasitas RAM lebih besar bila dibandingkan dengan perangkat notebook. Namun saat ini hal tersebut tidak ada pengaruhnya karena seiring berkembangnya zaman, kini banyak notebook terbaru yang sudah dibekali dengan RAM yang lebih besar. Di samping mempunyai RAM yang bisa mengalahkan RAM laptop kini notebook telah mendapatkan dukungan upgrade pada kapasitas RAM sehingga memiliki RAM yang lebih besar lagi.


Keberadaan DVD ROM


Ini salah satu perbedaan yang paling menonjol. Bila pada umumnya laptop memiliki perangkat DVD ROM untuk aktifitas pembacaan kepingan kaset sedangkan notebook tidak memiliki DVD ROM. Akan tetapi untuk mengatasi kerterbatasan ini maka kita dapat membeli DVD ROM Eksternal yang dapat digunakan untuk pembacaan kaset pada notebook yang tidak memiliki DVD ROM internal.


Daya tahan baterai


Pada umumnya penggunaan baterai pada perangkat notebook memiliki durasi waktu yang lama maka tidak demikian halnya dengan laptop. Laptop pada umumnya tidak memiliki daya tahan baterai yang terbilang lama. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh pengguanaan daya yang ada pada dua perangkat portable tersebut. 



Sekarang setelah mengetahui perbedaan perbedaan yang paling medasar antara laptop dan notebook, jangan samai salah lagi ya membedakan antara keduanya. Selain hal-hal tersebut di atas, pertimbangkan juga ketika anda akan memutuskan untuk membelinya. Salah satu toko online merupakan situs belanja online produk teknologi terbaik dan terpercaya adalah Yolori.com. Yolori merupakan toko Jakarta notebook serta toko komputer dan sejumlah produk lainnya tersedia di sini. Kini berbelanja produk teknologi secara online dapat dilakukan dengan semakin mudah dengan kehadiran Yolori. Mulai dari produk komputer, laptop, printer, kamera, semuanya siap diantar ke tempat anda. Temukan segala kebutuhan produk teknologi anda hanya di Yolori.com.

Yolori Online Shop

Perkantoran Orion Dusit No.18
Jl Arteri Mangga Dua Raya
Sawah Besar - Jakarta Pusat
DKI Jakarta
Telp : 021-601 3636
WhatsApp : 0878787 23456
Email : ask@yolori.com

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved