Pesan Cook, CEO Apple Saat Berpidato di MIT Untuk Kawula Muda

Tanggal: 4 Jul 2017 21:00 wib.
Tampang.com - Teknologi dapat diibaratkan seperti dua sisi koin. Di era ini, dimana teknologi semakin berkembang pastinya memiliki manfaat yang besar bagi peradaban kita. Tapi, di sisi lain juga membawa bahaya bagi kita.

Di Massachusetts Institute of Technology (MIT), CEO Apple, Tim Cook menyampaikan pidatonya dengan mengajak para generasi muda agar lebih bijaksana memaknai era teknologi yang serba canggih.

Menurut Cook, hanya tiga hal yang harus diperhatikan setiap kali ingin berbuat sesuatu yang besar.

Masing-masing adalah pikiran, kerja keras, dan hati yang jernih. Jika semuanya seimbang, ia percaya perkembangan teknologi di tangan generasi muda akan lebih banyak mendatangkan manfaat.

“Ukur dampak yang kalian buat untuk kemanusiaan, bukan dari banyaknya likes (di media sosial) tapi kehidupan yang Anda sentuh,” kata Cook, Selasa (4/7/2017) seperti dilansir dari Inc.

“Jangan ukur dari popularitas, tapi orang banyak yang Anda layani,” Cook menambahkan.

Cook sendiri menyadari dengan perkembangan media sosial, masyarakat modern berlomba-lomba memamerkan kehidupan mereka hanya untuk mendapat pengakuan dan popularitas. Komentar dan Like seseorang seolah-olah menjadi sesuatu yang penting.

“Saya merasa hidup saya lebih besar ketika berhenti peduli atas apa yang orang lain pikirkan tentang saya,” kata Cook.

Cook bercerita bahwa di masa mudanya pun ia sangat labil dan sulit mencari tujuan hidup. Ia mencari tujuan hidupnya melalui Duke University, pendalaman ilmu meditasi, agama, hingga tulisan-tulisan para filsuf.

Akhirnya ia menemui jati dirinya sekitar 20 tahun lalu ketika bertemu dengan pendiri Apple, Steve Jobs. Menurut Cook, ia dan Jobs memiliki keinginan yang sama untuk melayani orang-orang melalui pengembangan teknologi.

“Jika Anda ingin menciptakan dan melakukan yang terbaik untuk semua orang, mulai hari ini kemanusiaan punya harapan,” Cook mengakhiri.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved