Pertama di Dunia, Ponsel yang Mampu Hidup Tanpa Baterai

Tanggal: 9 Jul 2017 07:49 wib.
Tampang.com - Sejak peluncuran pertama ponsel, pastinya dilengkapi dengan baterai untuk menunjang penggunaan ponsel tersebut. Tapi, bagaimana jika tidak terdapat baterai pada ponsel?

Kini, peneliti di Amerika Serikat tengah mengembangkan prototype ponsel yang mampu hidup tanpa baterai. Untuk melakukan panggilan, ponsel tersebut menggunakan beberapa microwatt yang didapat dari cahaya, bahkan sinyal Wi-Fi.

Profesor Shyam Gollakota, salah satu peneliti di University of Washington, mengatakan ponsel tersebut belum bisa rampung dalam waktu dekat. Namun, ke depannya ponsel tersebut diklaim tidak akan mengonsumsi daya sama sekali.

"Ia nanti akan mengonsumsi daya yang sangat rendah. Pengguna hanya perlu memanfaatkan tenaga dari lingkungan sekitar,” ujar Shyam sebagaimana dikutip laman Mirror, Minggu (9/7/2017).

Untuk beroperasi, dalam ponsel dipasang komponen khusus yang mampu menyerap cahaya disekitar. Kemungkinan, untuk meningkatkan daya tahan ponsel, para peneliti akan meningkatkan intensitas cahaya yang mampu ditangkap oleh komponen khusus tersebut.

Ponsel ini untuk sementara hanya memiliki tombol angka dengan lampu LED. peneliti juga akan memasang layar e-ink dan perangkat audio yang irit daya.

Belum bisa dipastikan kapan ponsel tanpa baterai ini rampung dan dipatenkan. Yang pasti, jika ponsel ini berhasil diciptakan, vendor-vendor teknologi akan sangat tertarik, karena ponsel menjanjikan daya tanpa baterai yang membuat pengguna tak perlu repot lagi mengisi ulang dayanya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved