NASA Secara Resmi Mengumumkan Misi ke Matahari

Tanggal: 1 Jul 2017 22:21 wib.
Dilansir Theguardian.com - The Probe, yang telah diubah namanya menjadi Parker Solar Probe, akan diluncurkan pada awal tahun depan.

NASA akhirnya mengkonfirmasi rincian misinya, untuk pertama kalinya, akan mengirim pesawat ruang angkasa empat juta mil ke dalam permukaan Matahari.

Nama ini adalah penghormatan kepada seorang astrofisika Amerika Eugene Parker yang semula meramalkan adanya angin matahari, sesuatu yang pada saat itu dianggap 'gila' oleh rekan-rekannya.

Salah satu hal yang akan diselidiki oleh pesawat ruang angkasa adalah kenyataan bahwa, secara kontra-intuitif, suhu sebenarnya jauh lebih panas di atmosfer Matahari daripada di permukaannya.

Tidak mengherankan, membangun sebuah probe yang mampu menahan suhu ekstrim semacam itu bukanlah tugas yang mudah. Fisikawan Tim Horbury telah menggambarkannya sebagai "just on the edge of achievable". Yaitu benar-benar di ambang sesuatu yang hamper tidak bisa dilakukan.

"Ada pesawat ruang angkasa kecil yang meringkuk di balik perisai panas yang besar ini," katanya. "Ini sangat ekstrem - semuanya berbeda saat Anda dekat dengan matahari."

"Orang-orang telah melakukan hal-hal yang mudah mengenai ruang - hanya tersisa hal-hal yang sulit untuk, jadi menurut definisi ini berisiko. Mereka benar-benar mendorong batas dari apa yang mungkin terjadi."

"Tapi begitulah cara Anda membuat kemajuan."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved