Menuju Industri yang Bersi, Metanol Akan Bisa Diproduksi dari Udara di Sekitar Kita

Tanggal: 5 Okt 2017 19:55 wib.
Para ilmuwan di Cardiff University telah menciptakan metanol dari metana dengan menggunakan oksigen dari udara.

Metanol saat ini diproduksi dengan memecah gas alam pada suhu tinggi menjadi gas hidrogen dan karbon monoksida sebelum memasangnya kembali, proses yang mahal dan intensif energi dikenal sebagai 'steam reforming' dan 'methanol synthesis.'

Namun periset di Cardiff Catalysis Institute telah menemukan bahwa mereka dapat menghasilkan metanol dari metana melalui katalisis sederhana yang memungkinkan produksi metanol pada suhu rendah menggunakan oksigen dan hidrogen peroksida.

Temuan, yang diterbitkan di Science, memiliki implikasi besar untuk proses industri yang bersih dan ramah lingkungan di seluruh dunia.

Profesor Graham Hutchings, Direktur Cardiff Catalysis Institute, mengatakan: "Pencarian untuk menemukan cara yang lebih efisien dalam memproduksi metanol adalah seratus tahun. Proses kami menggunakan produk 'bebas' secara efektif dari oksigen di udara di sekitar kita dan dikombinasikan dengan hidrogen peroksida pada suhu ringan yang membutuhkan sedikit energi.

"Kami telah menunjukkan bahwa nanopartikel emas yang didukung oleh titanium oksida dapat mengubah metana menjadi metanol, namun kami menyederhanakan kimia lebih jauh dan mengambil bubuk titanium oksida. Hasilnya luar biasa.

"Komersialisasi akan memakan waktu, tapi sains kita memiliki implikasi besar untuk pelestarian cadangan gas alam saat stok bahan bakar fosil menyusut ke seluruh dunia."

"Saat ini produksi gas alam global sekitar 2,4 miliar ton per tahun dan 4% dari ini berkobar ke atmosfir - sekitar 100 juta ton. Pendekatan Cardiff Catalysis Institute untuk menggunakan gas alam dapat menggunakan gas buang" limbah "ini yang menghemat emisi CO2. Di AS sekarang ada saklar untuk gas serpih, dan pendekatan kami sangat sesuai untuk menggunakan gas ini karena dapat membuatnya mudah dicairkan sehingga mudah dipindahkan. "

Dr. James J. Spivey, Profesor Teknik Kimia di Universitas Negeri Louisiana dan Kepala Redaksi Catalyst Today, mengatakan: "Penelitian ini bernilai signifikan bagi masyarakat ilmiah dan industri. Konversi sumber daya serpih kami menjadi nilai yang lebih tinggi. zat antara seperti metanol menyediakan rute baru untuk zat antara kimia. "

Cardiff Catalysis Institute memiliki reputasi dunia untuk ilmu pengetahuan yang luar biasa. Institut bekerja dengan industri untuk mengembangkan proses katalitik baru dan mempromosikan penggunaan katalisis sebagai teknologi abad ke 21 yang berkelanjutan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved