Memanfaatkan Permission pada Windows untuk Membuat File Seolah-Olah Tidak Dapat Diakses

Tanggal: 16 Sep 2017 14:42 wib.
Tampang - Setelah mengetahui cara mengamankan file dengan memanfaatkan atribut Read-Only, Hidden, dan memasang password pada file yang bersangkutan, cara lain untuk mengamankan file adalah dengan membuatnya seolah-olah tidak dapat diakses oleh siapapun. Langsung saja, berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk mengamankan file yang Anda miliki:


Masuk ke penyimpanan tempat di mana Anda menyimpan file yang akan diamankan. Misalnya file yang digunakan di sini adalah file dokumen dengan nama “Data Penting.docx”





Klik kanan pada file, kemudian pilih Properties
Masuk ke tab Security, maka akan muncul kotak dialog seperti berikut:





Selanjutnya, klik Edit untuk mengubah permission atau izin akses yang diberikan sistem terhadap file yang dimiliki pengguna.


Misalnya Full Control, Modify, Read & Execute, Read, Write, dan Special Permissions yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:




Setelah klik Edit, hal yang perlu Anda lakukan adalah memberi centang pada permission jenis Read & Execute pada kotak kecil yang berada di bawah tulisan Deny.


Jika kotak kecil di bawahnya ikut tercentang, biarkan saja. Sebenarnya, pemberian centang tersebut memerintahkan sistem komputer untuk tidak memberi izin ketika pengguna ingin mambaca atau mengeksekusi file. Itulah sebabnya file seolah-olah tidak dapat diakses.




Klik OK, kemudian pilih Yes dan klik OK lagi.
Sekarang, coba buka file tersebut. Jika muncul kotak seperti di bawah, berarti cara ini berhasil Anda terapkan.




Untuk mengembalikkan file seperti semula, masuk ke Properties, pilih tab Security, pilih edit dan hilangkan centang pada sisi Deny. (Nur/Red)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved