Keren! Jepang Ciptakan Robot Serigala Pengusir Burung di Pertanian

Tanggal: 21 Agu 2017 21:15 wib.
Tampang.com - Dalam bidang teknologi, Jepang memang menjadi salah satu panutan dalam perkembangannya, khususnya dalam bidang robotik.

Baru-baru ini, Jepang telah menciptakan robot pengusir burung bagi bidang pertanian. Robot serigala ini mampu menakut-nakuti gerombolan gagak yang selalu memakan hasil tani.

Robot ini diklaim lebih efektif dibandingkan dengan orang-orangan sawah.

Dikutip dari Odditiycentral, robot ini berhasil dikembangkan oleh Hokkaido Ohta Seiki, salah satu perusahaan robotika Jepang.

Sepintas, tampilan robot ini memang terlihat menyeramkan dengan mata merah menyala dan gigi taring yang tajam.



Robot ini dilengkapi teknologi inframerah yang membuat serigala ini memiliki kemampuan pendeteksian hewan liar yang mendekati jarak tertentu.

Ketika ada hewan yang terdeteksi, ia akan hidup dan dengan mata merah menyalanya dengan kepala yang mampu bergerak dari sisi kanan ke kiri, seolah menunjukkan ia monster hidup.

Tidak hanya itu, kemampuan terbaik dari robot ini adalah dengan mampu mengeluarkan 40 suara yang berbeda secara bergiliran, dari suara serigala melolong, suara manusia dan bahkan suara tembakan dengan volume tinggi.

Robot ini juga dilengkapi timer, sehingga dapat diatur kapan saat-saat serigala ini dapat bekerja mengusir burung.

Sebelumnya, robot ini telah diuji coba oleh Ketua Asosiasi Koperasi Pertanian JA Kisarazu-shi untuk melihat keefektifannya menjauhi satwa liar menjauhi hasil panen di kebun raya Sapporo pada Desember tahun lalu. Hasilnya menakjubkan, insiden rusa yang biasa merusak pohon dan tanaman disana berkurang hingga 90 persen.

Meski masih dalam masa percobaan, Super Robot Wolf ini rencananya akan diluncurkan pada September mendatang. Setiap unit robot ini rencananya akan dijual seharga 200 ribu Yen atau setara dengan Rp25 juta rupiah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved