Keren! Bus Tanpa Supir Sudah Ada di Jepang

Tanggal: 19 Jul 2017 20:15 wib.
Tampang.com - Kendaraan massal adalah salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan. Salah satu kendaraan tersebut adalah Bus. Biasanya, bus dioperasikan oleh supir.

Namun, berbeda dengan bus yang satu ini. Bus ini berada di Jepang. Bus ini tidak memerlukan supir dan kondektur untuk perjalanannya. Awalnya, bus ini dirancang untuk beroperasi saat Olimpiade 2020 mendatang di Tokyo, Jepang.

Dilansir dari ligiergroup, bus ini bernama EZ10 Robot Shuttle. Bus ini kini sudah dapat digunakan di tepian pinggir Danau Tazawa di Perfektur Akita. Ez10 Robot Shuttle berjalan melayani masyarakat Jepang yang ingin berjalan-jalan pariwisata di tepian danau tersebut sepanjang 400 meter bolak balik.



Bus tersebut dilengkapi dengan alat kendali jarak jauh dan bus ini juga memiliki sensor yang dapat memungkinkan ia berhenti saat ada seseorang berada didepannya.

Dengan kapasitas 12 penumpang dan berjalan dengan kecepatan hanya 10 kilometer per jam, bus ini sangat diminati oleh wisatawan.

Bus ini merupakan hasil kerjasama Kantor Kabinet Jepang dengan perusahaan DeNA serta Pemda Akita. Bus ini berjalan berdasarkan mekanisme Global Positioning System (GPS), dengan sensor dan kamera CCTV, serta pintu otomatis.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved