Kegunaan SEO Bagi Website

Tanggal: 9 Nov 2021 21:28 wib.
Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa upaya pengoptimalan mesin telusur atau pencarian (SEO) adalah strategi pemasaran digital yang penting. Namun, implementasi SEO ini sendiri membutuhkan pemahaman yang kuat karena sangat kompleks. Oleh karena itu dalam prakteknya tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang lebih memilih menyerahkan tugas ini ke agensi penyedia layanan SEO. Apakah Anda juga sedang merencanakan strategi yang sama?

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari. Tujuan dari SEO itu sendiri yaitu untuk meningkatkan visibilitas website dalam pencarian yang relevan. Karena dengan semakin baik visibilitas website dalam hasil pencarian, maka akan semakin besar kemungkinan website mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Yang pada akhirnya akan lebih banyak pula peluang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan. Lalu bagaimana cara SEO bekerja?

Mesin pencari seperti Google memiliki mekanisme untuk menyajikan hasil pencarian di SERP (Search Engine Results Page), yang muncul setelah mengetikkan kata kunci pencarian. Untuk menjaga agar hasilnya serelevan mungkin bagi penggunanya, mesin pencari Google memiliki proses yang terdefinisi dengan baik dalam mengidentifikasi halaman web terbaik. Dan proses tersebut terdiri dari crawling, indexing, dan ranking. 

Bot mesin pencari akan merayapi (crawling) halaman website untuk menemukan halaman terpenting. Kemudian melakukan pengindeksan atau menyimpan informasi tentang semua halaman yang diambil untuk pengambilan nanti. Dan yang terakhir, menganalisis halaman indeks dengan mempertimbangkan banyak faktor untuk menentukan rangking/ peringkat halaman.

Berdasarkan algoritma Google tersebut kemudian muncullah indikator-indikator utama SEO yang dapat dioptimasi agar website mendapatkan penilaian terbaik dalam mekanisme kerja mesin pencari yang telah disebutkan diatas. Tidak seperti iklan berbayar (Adwords), Anda tidak dapat membayar mesin pencari untuk mendapatkan peringkat penelusuran organik yang lebih tinggi.

Apa manfaatnya untuk website Anda? Nah berikut ini adalah manfaat SEO bagi website


Meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda


Sudah disinggung sebelumnya, salah satu fungsi terpenting SEO adalah meningkatkan visibilitas, yang berarti memudahkan prospek menemukan Anda saat mereka mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Visibilitas berhubungan langsung dengan peringkat Anda. Semakin tinggi peringkat Anda pada SERP, semakin besar kemungkinan prospek melihat Anda dan mengklik ke situs Anda. SEO bukan jadi pilihan lagi, melainkan kewajiban untuk semua website ketika Anda mempertimbangkan kenyataan bahwa seperempat orang tidak pernah meng-klik website yang muncul pada halaman 2 dan seterusnya pada SERP. 


Mendapatkan trafik website


Ketika visibilitas dan peringkat website meningkat, maka lalu lintas web pun juga meningkat. Apalagi ada sekitar 75% pengguna Internet yang tidak pernah bergerak melewati halaman pertama. Jadi, jika Anda ingin lebih banyak prospek menemukan situs web Anda melalui mesin pencari. Maka Anda memerlukan praktik SEO yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat di halaman pertama antara lima posisi teratas, dan idealnya nomor satu.


Menciptakan pengalaman pengunjung yang lebih baik


Alasan lain mengapa SEO sangat penting adalah karena melakukan praktik SEO berarti setiap waktu yang dihabiskan semata-mata untuk menghasilkan konten yang bagus. Juga meningkatkan performa website, dan upaya-upaya lainnya agar website tampil sebaik mungkin di hadapan algoritma Google. Dengan peningkatan kualitas website itu pula akan berdampak pada terciptanya pengalaman pengunjung yang lebih baik.


Pentingnya peran jasa SEO


Seperti yang Anda lihat, SEO adalah pekerjaan penuh teknik, taktik, dan praktik terbaik. Kenyataan pahitnya lagi, indikator-indikator SEO selalu berkembang seiring dengan munculnya teknologi baru dari mesin telusur yang mengubah algoritma mereka. Jadi terlalu banyak yang harus Anda pelajari dan pikirkan jika ingin melakukan praktik SEO ini sendiri.  Disinilah Anda perlu memanfaatkan agensi jasa SEO. Anda bisa mendapatkan tim profesional yang berspesialisasi dalam pengoptimalan SEO, yang dapat memberikan seratus persen waktu dan upaya mereka untuk menanganinya. Dengan mengalihkan upaya Anda ke jasa SEO, Anda pun dapat fokus pada area lain di perusahaan Anda.

Akan tetapi, memilih agensi yang tepat juga bukanlah hal yang mudah. Karena saat ini ada begitu banyak penyedia jasa SEO sehingga sulit membedakan mana yang abal-abal dan mana yang kredibel. Apakah Anda ingin memakai jasa SEO terbaik dan berkualitas? Coriate adalah sebuah perusahaan digital marketing yang menawarkan layanan jasa SEO lengkap, khususnya untuk perusahaan kecil dan menengah. Kami berkomitmen tinggi memberikan hasil nyata bagi klien dengan meningkatkan efektivitas pemasaran bisnis online sesuai kebutuhan dan budget. Hubungi tim kami sekarang untuk mengetahui apa yang membuat Coriate berbeda dari agensi digital lainnya.

Coriate Digital Agency

Jl. Ruko Star of Asia No. 62
Tangerang, Banten 15810
HP : 08 111 2011 550

Senin-Jumat 09:00-17:00
Email : marketing@coriate.com

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved