Ini Cara Mengisi Daya Smartphone yang Benar

Tanggal: 21 Feb 2018 17:01 wib.
Tampang.com - Ternyata, mengisi daya smartphone sebaiknya tidak dalam jangka waktu yang lama. Hal ini terkait dengan umur dari si baterai tersebut. Akibatnya, semakin lama baterai akan cepat habis.

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah dengan mengisi daya smartphone semalaman. Perusahaan baterai, Cadex menyatakan bahwa hal ini dapat merusak baterai jika dilakukan, seperti dikutip dari laman Express.

"Li-ion (lithium-ion) tidak perlu diisi penuh seperti baterai dengan asam timbal (lead acid)," kata mereka, seperti dikutip dari laman tersebut.

Saat mengisi daya, begitu ponsel mencapai kapasitas yang ditentukan, baterai akan mengaktifkan pengaturan agar tidak berdaya terlalu rendah.

Jika mengisi daya hingga 100 persen terlalu lama, tegangan tinggi akan menekan baterai. Jika pengisian terlah mencapai 100, sebaiknya segera hentikan pengisian daya.

Cadex menyarankan mengisi daya ponsel di siang hari daripada membiarkannya semalaman hingga penuh, lalu baru mencabutnya pagi hari, agar baterai tidak mengalami tekanan.

Tips lainnya, agar umur baterai bertahan lama, lebih baik mengisi daya melalui sambungan stop kontak daripada mencoloknya ke perangkat seperti laptop atau komputer.

Terlalu sering menggunakan fast-charging dikabarkan juga akan mengganggu daya tahan baterai.

Agar baterai cepat penuh, aktifkan mode pesawat atau flight mode saat mengisi baterai ponsel.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved