Ingin File .docx yang Aman? Jangan Khawatir, Anda Bisa Melakukannya dengan Mudah!

Tanggal: 11 Sep 2017 01:48 wib.
Memiliki rasa khawatir apabila ada seseorang yang memakai komputer Anda secara diam-diam kemudian memodifikasi data yang sifatnya cukup penting memanglah wajar. Untuk itu, Anda bisa mengubah data tersebut menjadi bentuk .pdf kemudian memberikannya password. Namun jika diperhatikan lebih jauh, cara di atas memiliki kekurangan karena Anda harus mengubahnya ke dalam bentuk .docx terlebih dahulu jika ingin mengeditnya. Setelah selesai melakukan pengeditan, Anda harus meg-convert lagi file tersebut ke dalam bentuk .pdf, barulah data menjadi aman.

Untuk mengatasi kekurangan cara di atas, ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan file .docx Anda agar tidak bisa dimodifikasi oleh orang lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Windows Explorer, kemudian masuk ke tempat di mana Anda menyimpan file. Misal file yang ingin diamankan adalah file Biodata.docx



2. Klik kanan pada file, kemudian pilih “Properties” yang biasanya berada di urutan paling bawah

3. Kemudian centang pilihan “Read-Only” yang memiliki arti bahwa file hanya dapat dibaca, tetapi tidak dapat dimodifikasi. Namun kelemahannya, file ini masih bisa dibuka oleh siapapun karena tidak dipasang password. Tutorial mengenai cara memberikan password pada file .docx akan dibahas pada artikel berikutnya.



4. Jika sudah mencentang “Read-Only”, klik “OK” kemudian buka file tersebut. Berikut adalah tampilan file yang sudah diatur menjadi hanya bisa dibaca:



5. Jika Anda paksakan untuk mengetikkan sesuatu, maka pada bagian status bar akan muncul peringatan seperti berikut:

“This modification is not allowed because the document is opened for viewing only”

6. Untuk mengubahnya ke keadaan awal, tutup file tersebut, kemudian hilangkan tanda centang pada “Read-Only”. Maka tampilan file akan kembali seperti semula:



7. Anda dapat melakukan pengeditan, kemudian centang bagian “Read-Only” lagi jika ingin menjadikannya file yang hanya bisa dibaca seperti tadi.

Selamat mencoba!

(Nur/Red)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved