Hati-hati, Enam Hal ini Membuat Laptopmu Mudah Rusak!

Tanggal: 24 Sep 2017 07:49 wib.
tampang - Di jaman modern ini, penggunaan laptop adalah hal yang sudah biasa untuk sebagian orang dengan berbagai pekerjaan. Saking biasanya, banyak orang yang sering asyik menggunakan laptop, tetapi lupa merawat dan menjaganya. Sehingga tanpa disadari akan membuat laptop menjadi gampang rusak. Berikut hal-hal yang dapat membuat laptop menjadi gampang rusak.

Menggunakan Laptop Sampai Baterai Habis 0%

Sering kali kita keasyikan menggunakan laptop, sampai-sampai lupa atau malas mencharge baterai laptop yang sudah hampir habis bahkan sampai 0 %.Kebisaan ini harus dirubah, karena jika terus-terusan mengunakan laptop hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 0%, secepatnya charger kembali, saat sebelum baterai habis, charge baterai laptop hingga penuh 100%. Sangatlah dianjurkan Pemakai laptop lakukan setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, setting dibagian Power Options. Sayangi laptop dan baterainya dengan menchargenya sebelum baterai habis 0 %.

Menggunakan Laptop Di atas Kasur:

Menggunakan laptop diatas kasur memang sangat menyenangkan dan membuat kita betah berlama-lama menggunakan laptop. Tetapi, tahukahAnda ? menggunakan laptop diatas kasur bisa membuat laptop gampang rusak karena kasur bahannya lembut serta empuk dan menyerap panas, sedang Ketika laptop menyala, laptop perlu mengeluarkan udara panas. Ketika laptop kita menyala dan mengeluarkan panas, udara panas itu akan terjerembab di kasur, tidak bisa dilepaskan. Sehingga hal semacam ini tentu bisa membahayakan laptop Anda dan membuat laptop gampang rusak.

Meletakkan Benda atau barang Berat Di atas Laptop

Berhati – hatilah ketika menyimpan laptop. Jangan menyimpan laptop di tempat yang tidak diketahui orang lain, sehingga kalau orang lain tidak tahu disitu terdapat laptop, bisa saja mereka meletakan barang-barang atau benda-benda berat yang dapat menghimpit laptop. Laptop yang dihimpit oleh barang-barang yang berat, dapat merusak LCD nya. Ketika LCD itu terlalu berat menanggung beban, maka akan menyebabkan kerusakan diantaranya tampak garis-garis di LCD, bahkan kalau terlalu berat menghimpitnya, laptop bisa sampai tidak bisa dinyalakan.

Mengoperasikan Laptop Pada Suhu Ruangan yang Panas

Mengoperasikan laptop didalam Suhu ruang yang sangatlah panas bisa mengakibatkan kerusakan komponen-komponen laptop. Maka jika sangat terpaksauntuk mengoperasikannya di suhu yang panas, gunakanlah kipas pending (Cooling Pad). Dengan menggunakan kipas pendingin, bisa menstabilkan suhu laptop dan suhu ruang agar laptop tidak cepat panas dan juga tidak gampang rusak.

Membiarkan Debu Menumpuk di Laptop

Membersihkan laptop secara berkala kadang hal yang sering kita lupakan. Sehingga, banyak debu yang menempel di laptop kita. Membiarkan debu menumpuk di laptop, apalagi di bagian saluran pembuangan hawa bisa mengakibatkan rusaknya laptop yang cukup fatal. Oleh karena itu, biasakanlah membersihkan laptop secara berkala, agar debu yang menempel tidak menumpuk yang akhirnya membuat laptop gampang rusak.

Laptop Sering Kehujanan atau Kena Air

Tidak hanya laptop yang akan gampang rusak jika terkena air, tetapi semua barang elektronik. Bila laptop Anda ingin awet, maka jauhkanlah laptop dari benda-benda cair yang dapat menjadikan komponen internal laptop gampang rusak. Ada baiknya ketika kita meletakan air minum atau air kopi saat menggunakan laptop, simpanlah ditempat yang jauh dari laptop.

Oke, Sob, demikian 5 hal yang dapat membuat laptop gampang rusak. Bila kita sayang laptop, maka rawatlah dengan baik agar laptop awet dan pekerjaan pun tidak terhambat dan tentunya cepat beres.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved