Era Teknologi, Telkomsel Siapkan Sistem untuk Kendaraan Terkoneksi

Tanggal: 30 Nov 2017 12:01 wib.
Kini penduduk dunia sedang memaskui era Internet of Thing (IoT). Perusahaan teknologi pun berlomba untuk menghadirkan ekosistem pendukung, tak terkecuali operator seluler di Indonesia.

Salah satunya adalah Telkomsel yang baru saja merilis FleetSight untuk memberikan solusi pengelolaan armada yang mensinergikan perangkat telematik berbasis satelit yang dipasangkan pada kendaraan dengan layanan konektivitas.

Dengan demikian, perusahaan bisa memantau armada mereka agar efektif dan efisien. Sejauh ini, layanan tersebut baru menyasar kalangan bisnis.

Lalu bagaimana untuk konsumen perorangan? Meski pun belum dirilis, Telkomsel mengaku telah siap mendukung sistem kendaran terkoneksi.

Menurut VP Internet of Things Telkomsel Marina Kacaribu, saat ini memang mulai tren kendaraan terkoneksi. Insiatif ini telah dicanangkan oleh para pembuat mobil untuk makin melengkapi fitur kendaraan yang mereka jual.

Di negara maju, sistem seperti itu telah lama diterapkan untuk kendaraan-kendaraan pirbadi. Namun, di Indonesia teknologi tersebut memang belum banyak diaplikasikan.

"Tapi saya yakin tidak lama lagi vendor otomotif akan mulai membawa inovasi kendaraan terhubung ke Indonesia," kata Marina saat konferensi pers peluncuran Telkomsel FleetSight di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Nah, saat masa-masa itu datang, tutur Marina, Telkomsel akan mengambil peranan penting. Sebagai operator seluler, mereka akan menyediakan koneksi agar mobil dapat terhubung dengan internet.

"Saat ini pihak OEM sudah mulai memasangkan mobil barunya dengan teknologi terhubung. Kami siap menghadirkan koneksinya. Tapi saat ini masih menunggu inisiatif mereka seperti apa di Indonesia," tandasnya. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved