Aplikasi Peningkat Performa Akademik Siswa

Tanggal: 17 Agu 2017 22:45 wib.
Aplikasi pembelajaran mobile yang menggunakan elemen permainan seperti papan peringkat dan lencana digital mungkin memiliki efek positif pada kinerja akademik siswa, keterlibatan, dan retensi, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam akses terbuka International Journal of Educational Technology in Higher Education. Peneliti di Swinburne University of Technology, Australia mengembangkan aplikasi yang dapat disesuaikan sepenuhnya yang memungkinkan dosen untuk mendorong kuis berdasarkan konten kursus secara langsung ke perangkat siswa mereka untuk memotivasi mereka, meningkatkan daya saing mereka, dan membuat mereka tetap terlibat dengan kursus.

Para peneliti menemukan korelasi positif antara kinerja baik pada tugas aplikasi dan mencapai nilai akademik yang lebih tinggi. Nilai rata-rata pengguna app mencapai rata-rata 7.03% lebih tinggi dibandingkan siswa yang memilih untuk tidak menggunakan aplikasi. Ketika aplikasi pertama kali diperkenalkan pada semester 2 tahun 2015, retensi siswa meningkat lebih dari 12% dibandingkan dengan semester sebelumnya.

Dr Ekaterina Pechenkina, penulis yang sesuai mengatakan: "Penelitian berbasis bukti terhadap keterlibatan siswa memberi tahu kami bahwa siswa yang terlibat dengan baik cenderung tidak putus sekolah. Hasil kami menyiratkan bahwa siswa bersedia menggunakan aplikasi pembelajaran dan yang berkinerja tinggi di aplikasi dan dapat memprediksi kesuksesan akademis masa depan mereka. "

Dr Pechenkina menambahkan: "Sebagian besar penelitian tentang penggunaan aplikasi mobile sebagai alat pembelajaran di pendidikan tinggi terutama berfokus pada aplikasi yang dirancang untuk menangani satu aspek utama dari proses pembelajaran, seperti kolaborasi atau motivasi. Kami mengembangkan aplikasi kami untuk mencapai banyak tujuan, termasuk Meningkatkan keterlibatan dan mengukur kinerja akademis.Untuk melakukan itu, kami merancang aplikasi untuk memasukkan kuis pilihan ganda, pemberitahuan push, papan peringkat digital dan lencana. "

Untuk meminta siswa menguji pengetahuan mereka tentang konsep yang diperkenalkan selama kursus, aplikasi tersebut mengantarkan kuis langsung ke perangkat mobile siswa. Pemberitahuan push memberi tahu siswa setiap kali sebuah kuis baru tersedia. Berdasarkan keterlibatan aplikasi, berbagai data dikumpulkan melalui fungsi analisis aplikasi, seperti kecepatan respons siswa terhadap kuis dan jumlah upaya yang mereka lakukan untuk mendapatkan jawaban yang benar. Untuk setiap jawaban yang benar, siswa diberi poin yang dikumpulkan dalam papan peringkat.

Dr Pechenkina mengatakan: "Pada saat permintaan siswa akan pendidikan yang dipersonalisasi berkembang, aplikasi mobile memungkinkan siswa mengakses materi pelajaran kapanpun mereka memilih. Unsur permainan seperti papan peringkat dan lencana digital menghasilkan umpan balik, yang memungkinkan siswa untuk melihat kinerjanya dibandingkan Untuk rekan-rekan mereka.Mengambil keuntungan dari teknologi aplikasi mobile dengan cara ini dapat membantu dosen menjangkau siswa mereka dan membuat mereka tertarik dengan konten kursus. "

394 siswa direkrut untuk menguji aplikasi. Siswa semua terdaftar di unit akuntansi atau sains tahun pertama di Swinburne University di Semester 2, 2015. Dosen menyesuaikan isi aplikasi agar sesuai dengan kursus mereka yang spesifik.

Dr Pechenkina berkata: "Kami terkejut saat mengetahui bahwa ketika dianalisis secara terpisah, dampak positif aplikasi untuk kohort sains secara signifikan lebih rendah daripada kohort akuntansi, menunjukkan bahwa ada beberapa dinamika spesifik kohort yang menarik yang perlu ditelusuri lebih jauh."

Penulis menunjukkan bahwa keberhasilan awal aplikasi mungkin sebagian disebabkan oleh efek baru, yang dapat berarti bahwa kegunaan aplikasi dianggap dapat menurun dengan penggunaan jangka panjang. Fakta bahwa siswa dapat memilih untuk menggunakan aplikasi mungkin telah menyebabkan bias sampling, karena siswa yang lebih teliti yang terbuka terhadap pengalaman baru mungkin lebih mungkin disertakan dalam eksperimen. Para penulis juga mengingatkan bahwa sementara mereka mengamati korelasi positif antara penilaian siswa dengan sangat tinggi pada aplikasi dan mencapai nilai akademis yang lebih tinggi, hubungan kausal antara keduanya memerlukan penyelidikan lebih lanjut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved