5 Fitur Ponsel Ini Kini Semakin Ditinggalkan

Tanggal: 29 Agu 2017 08:36 wib.
Tampang.com - Dengan semakin berkembangnya teknologi, para produsen dari smartphone berlomba-lomba menyediakan fitur terbaik mereka. Yang terbaru, kita mendapatkan fitur sensor sidik jari, sensor wajah, hingga pengisian daya nirkabel.

 

Semakin banyaknya fitur yang dibuat, tentunya ada juga fitur yang mesti dikorbankan, sejumlah fitur yang dulunya pernah menjadi tren di masanya, kini mulai ditinggalkan bahkan tidak digunakan lagi.

 

Berikut 5 fitur yang kini mulai ditinggalkan:

1. Keyboard Fisik



Tahun-tahun ke belakang, semua ponsel memiliki keyboard fisik. Ponsel-ponsel awal seperti Nokia dan Sony Ericsson memilikinya. Namun, kini keyboard telah ditinggalkan oleh layar sentuh.

Saat awal hadirnya layar sentuh, respon terhadap sentuhan masih belum responsif, sehingga tidak nyaman saat digunakan. Beberapa perangkat menggabungkan layar sentuh dan keyboard fisik, seperti BlackBerry Storm.

Seiring berjalannya waktu, teknologi layar sentuh yang semakin responsif membuat keyboard fisik perlahan-lahan ditinggalkan.

2. Trackball/Trackpad



Dahulu, untuk menggerakkan kursor, kita perlu menggunakan trackball atau trackpad. Sayangnya, fitur ini memiliki banyak masalah yang sering terjadi, seperti trackball yang tersangkut di dalam, atau desain trackpad yang tidak kokoh.

Dan lagi, fitur ini digantikan oleh teknologi layar sentuh. Dengan layar sentuh, memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai hal pada ponselnya.

3. Speaker di Bagian Depan



Penempatan speaker di smartphone sempat berada di bagian depan. HTC adalah pionir konsep ini dengan merilis HTC One M7 pada 2013. Sejumlah produk pesaing seperti Nexus 6 dan Axon 7 mengikuti langkah HTC.

Sayangnya, pada 2016 tren ini menjadi surut. Bahkan HTC meninggalkan konsep awal mereka dengan menaruh speaker HTC 10 di bagian bawah.

4. Baterai yang Bisa Dilepas



Sejak lama, Apple memang telah menggunakan baterai yang tertanam didalam. Saat itu, Samsung dan LG dan beberapa merk lainnya masih belum mau menggunakan baterai yang tertanam. Saat ini, akhirnya mereka mengikuti hal tersebut.

Alasan mengapa mereka berpindah menuju baterai tertanam karena daya tahan terhadap debu dan air yang lebih kuat. Baterai yang bisa dilepas relatif lebih mudah terkena air.

Fitur ini sudah jarang kita temukan pada produk smartphone baru, jika ada itupun hanya segelintir saja.

5. Headphone Jack



Hilangnya headphone jack di smartphone menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Smartphone ternama seperti HTC, Motorola, dan Apple sudah menghilangkan headphone jack. Meski masih banyak smartphone yang menggunakannya, tren ini mulai berkurang.

Alasan terbesarnya adalah perubahan colokan menjadi USB type C. Pixel 2 yang akan dirilis Google pada Oktober 2017, juga menghilangkan headphone jack. Cepat atau lambat, Samsung dan LG akan mengikuti tren ini.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved