4 Tips Agar Baterai Ponsel Kamu Tetap Awet

Tanggal: 28 Agu 2017 22:14 wib.
Tampang.com - Jika kalian pengguna smartphone, pastinya akan merasa jengkel jika ponsel sedang dibutuhkan namun tiba-tiba mati.

Baterai menjadi cepat habis memang sering menjadi kendala untuk sebagian orang. Namun, terjadinya hal itu juga tidak sebenarnya bisa jadi karena kesalahan kita.

Ada beberapa tips yang mungkin dapat kamu lakukan agar baterai smartphone kamu awet lebih lama. Seperti dilansir dari laman Popular Science, berikut 4 tips yang dapat kamu lakukan.

1. Gunakan Pengisi Daya Orisinil

Hal ini terkait dengan pengaturan voltase dan ampere pada charger, kemungkinan tiap charger ponsel memiliki perbedaan dalam kedua hal tersebut.

Dengan mengisi baterai menggunakan charger asli, pengisian daya akan lebih stabil. Menggunakan charger asli akan meningkatkan kualitas dan umur baterai.

2. Saat Mengisi Daya, Lepas Pelindung Ponsel

Jika ponsel kamu menggunakan pelindung (casing) lebih baik dibuka saat kamu sedang proses pengisian baterai. Hal ini karena ponsel akan mengeluarkan hawa panas ketika proses pengisian.

Jika pelindung tak dilepas, kemungkinan hawa panas tersebut tak akan terbuang dan malah tertimbun dalam ponsel, sehingga akan semakin panas dan berbahaya untuk baterai ponsel.

3. Jangan Digunakan Saat Diisi

Sebenarnya, inilah kebiasaan buruk yang sering dilakukan mayoritas orang. Apalagi, jika penggunanya adalah seorang yang gemar bermain game.

Kebiasaan buruk ini memicu berkurangnya kinerja baterai dan berpotensi berbahaya bagi pengguna.

4. Jangan Sampai Kosong

Jika baterai dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama, ternyata dapat menyebabkan berkurangnya kualitas baterai.

Isilah ponsel saat persentase menunjukkan angka 15 persen dan langsung lepas saat sudah mencapai 100 persen.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved