Menderita Hepatitis, Amitabh Bachchan jadi Duta WHO...

Tanggal: 13 Mei 2017 17:00 wib.
Amitabh Bachchan masih bisa tampil prima di sejumlah kesempatan, namun dibalik penampilannya yang gagah diusia lanjut, Amitabh rupanya pernah menderita sakit yang berkepanjangan, suami Jaya Badhuri itu pernah sakit hepatitis B akut dan hampir kehilangan 75 persen fungi hatinya.

Penyakit ini masuk ke dalam dirinya tatkala ia mengalami cedera saat syuting film Coolie pada tahun 1983 silam. Akibatnya, Amitabh Bachchan dikabarkan membutuhkan donor darah. Sekitar 200 orang bersedia menjadi pendonor, namun hanya 60 botol yang berhasil dimasukan ke dalam tubuh Amitabh saat itu. Sayangnya, salah seorang pendonor membawa hepatitis B dimana akhirnya penyakit tersebut juga ikut menyerang tubuh Amitabh.

Bintang film india itu, Amitabh Bachchan kini telah ditunjuk sebagai duta hepatitis oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Bachchan dianggap bisa menyuarakan pentingnya mewaspadai penyakit yang memicu sirosis atau pengerasan hati tersebut.

Penunjukan Bachchan sebagai good will ambassador for hepatitis diharapkan bisa memperkuat upaya WHO-SEARO dalam mengurangi angka kematian dini akibat penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis ini.

Diwilayah Asia Tenggara, hepatitis diperkirakan membunuh 40 ribu orang/tahun, sebagian besar di usia produktif. Hampir 90 juta orang diwilayah ini mengidap penyakit hati kronis yang memicu menurut perkiraan WHO yang dirilis baru-baru ini.

Meski mematikan, infeksi virus hepatitis, khususnya hepatitis B bisa dicegah dengan pemberian vaksin. Penggunaan jarum yang steril saat kita akan disuntik dan transfusi darah juga bisa mengurangi risiko infeksi virus hepatitis B maupun hapatitis C.

Pemain film Kabhi Khusi Khabi Gham ini pernah berkata dalam sebuah rilis media yang dikirim WHO-SEARO (South-East Regional Office)   " Sebagai orang yang hidup dengan hepatitis B, saya memahami rasa sakit dan penderitaan yang disebabkan oleh hepatitis. Tak seorangpun harus menderita karena hepatitis viral."

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved