Ternyata Berbelanja ke Pasar ada Aturannya Loh dalam Islam

Tanggal: 8 Feb 2018 16:10 wib.
Tampang.com - Ajaran Islam memang sempurna, semua aktifitas mulai dari hal kecil sampai hal besar diatur sedemikian rupa, tujuannya tak lain agar manusia menjadi sosok yang berbudi luhur dan mempunyai derajat yang tinggi diantara makhluk ciptaan Alloh lainnya. Salah satu hal yang telah diatur dalam Islam ialah tentang adab masuk ke pasar.

Kita tahu pasar merupakan salah satu tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan sebuah transaksi jual beli. Dengan banyaknya penjual dan pembeli, menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi. Namun dibalik keramaian tersebut, ternyata tempat ini menjadi sarangnya perbuatan dosa. Betapa tidak, kezaliman dan kecurangan akan mudah terjadi di tempat ini. sehingga Islam pun mengajarkan kepada umatnya agar melaksanakan adab-adab ketika memasuki pasar, agar terhindar dari perbuatan-perbuatan dosa.

Perbanyak dzikir

Semua orang tahu bahwa Pasar merupakan pusatnya semua kebutuhan duniawi. Semua itu memang sangat menggiurkan kita, hingga akhirnya kita lalai dari dzikir pada Alloh dan menghilangkan niat baik. Terbukti banyak orang yang lengah dari berdzikir dan meninggalkan ucapan atau perbuatan baik, bahkan tak jarang banyak kedustaan di dalam pasar tersebut. <aka dari itu Islam mengajarkan kita agar berdzikir, karena selain menjaga diri dari perbuata dosa, kita pun akan mendapatkan keutamaan lain didalamnya. Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda:

“Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan: “laa ilaha illallahu wahdahu laa syariikalah, lahulmulku walahulhamdu yuhyi wa yumiit wahuwa ‘ala kulli syai`in qhadiir (Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,), maka niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta keburukan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim).

Jangan berlama-lama

Ada baiknya kita tidak boleh berlama-lama di dalam pasar. Karena pasar merupakan tempat perangnya setan, sehingga maksiat, kecurangan, penipuan, perbuatan sia-sia pun akan mudah terjadi. Tak hanya itu amalan kebaikan pun akan sangat sedikit di pasar. Maka dari itu kita dianjurkan untuk tidak berlama-lama di pasar. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda,


“Jikakamu mampu, janganlah menjadi orang yang pertama kali masuk ke pasar, dan jangan pula jangan menjadi orang yang terakhir keluar darinya, sebab pasar adalah tempat perangnya syaithan, disanalah ia menancapkan benderanya. “(HR Muslim : 2451).


Memenuhi akad (janji)

Dalam pasar sangat rentan adanya penipuan dan kecurangan. Maka kita hendaklah berusaha menjaga atau memenuhi akad, janji dan kesepakatan dengan pihak lain. Alloh SWT berfirman,


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَوْفُوا بِالْعُقُودِ



“Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu. “(Al-Ma’idah : 1).


Masuk Pasar hanya sekedar Kebutuhan

Alangkah lebih baiknya kita pergi ke pasar hanya karena adanya sebuah kebutuhan yang harus dibeli. Cacat apapun yang akan kita beli, jangan sampai kita lalai, bahkan lupa akan kebutuhan yang harus dibeli, kita malah menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda:


“Merupakan kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat baginya.” (HR Tirmidzi : 2318 , Ibnu Majah : 3976, dan Ahmad : 1732).


Kita harus menjadi orang-orang beriman yang beruntung, dimana salah satunya meninggalkan perkara yang tidak berguna. Sebagaman Alloh SWT berfirman,


وَالَّذِينَ هُمْ عَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضُونَ

“dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna” (Al-Mu’minun : 3)


Bersikap Ramah

Terkadang banyak orang yang tidak bersikap ramah saat bertransaksi, padahal bersikap ramah Alloh akan memudahkan kita dalam proses jual beli. Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda:


“Allah akan berbelas kasih pada seorang hamba yang ramah apabila menjual, ramah apabila membeli dan ramah apabila memberikan keputusan” (HR. Al-Bukhari).


Itulah ada-adab ketika memasuki pasar. Semoga dengan menjalankan adab ini kita terhindar dari  segala keburukan pasar. Aamiin.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved