Tata Cara Tidur Agar Jadi Ibadah Saat Bulan Ramadhan

Tanggal: 5 Jun 2018 14:18 wib.
Tampang.com - Tidur saat puasa termasuk ibadah. Tapi bukan hanya tidur saja melainkan ada ketentuannya yang menjadikannya ibadah. Aktivitas mengistirahatkan tubuh dan pikiran ini menjadi ladang pahala jika kita melakukannya sesuai dengan amalan yang biasa Nabi lakukan dan saat berpuasa tidak boleh tidur seharian.

Berikut ini amalan-amalan yang dicontohkan Nabi sebelum tidur :

Berwudhu

Sebelum tidur dianjurkan untuk menyucika diri terlebih dahulu dengan berwudhu. Mencuci muka yang dilanjutkan dengan berwudhu akan menghilangkan sisa-sia makeup maupun kotoran yang menempel pada wajah sehingga terhindar dari masalah kulit seperti jerawat. Wajah pun akan bersinar dan pahala pun akan mengalir.

Membersihkan tempat tidur

Nabi menganjurkan pada umatnya untuk membersihkan tempat tidur terlebih dahulu sebanyak 3 kali sebelum berbaring. Hal ini dimaksudkan agar tempat tidur bersih dari segala macam debu dan kotoran serta menghindari bila ada binatang yang dapat mengganggu seperti semut

Membaca surat-surat pendek dan doa mau tidur

Adapun beberapa surat dan ayat Al Qur'an yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur yaitu Al-Ikhlas, Al-falaq dan An-nas. Ayat Al Qur'an yang dianjurkan dibaca yaitu ayat kursi. Hal ini bertujuan sebagai bentuk perlindungan diriagar terhindar dari gangguan gaib. Kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebelum tidur yang merupakan bentuk kepasrahan kepada Allah yang menjaga kita selama tidur dan menghidupkan kita kembali saat bangun nanti.

Tidur menghadap kanan

Dianjurkan untuk berbaring menghadap kanan saat memulai tidur namun setelah tertidur maka tidak apa-apa jika posisi berubah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved