Inilah 4 Syarat Puasa Ramadhan 2018

Tanggal: 12 Mei 2018 12:38 wib.
Tampang.com – Ramadhan tinggal menghitung hari bukan? Apa saja persiapan yang telah kamu lakukan untuk Ramadhan tahun ini? Sebagai umat muslim, tentu kamu ingin menjalani puasa dengan khusyuk dan nantinya akan diterima oleh Allah SWT. Agar puasamu tidak sia – sia, maka kamu perlu memahami beberapa syarat – syarat daripada puasa itu sendiri.

Islam sepanjang hari

Syarat sah yang paling utama adalah ber-Islam sepanjang hari selama puasa. Beri-silam itu sendiri adalah dengan mengakui bahwa hanya Allah SWT sebagai Tuhan yang patut disembah dan tidak pernah menyekutukannya.

Tamyiz atau berakal

Tamyiz memiliki arti berakal yaitu kamu dapat membedakan mana yang baik dan buruk. Selain itu, tamyiz juga dapat diartikan sebagai seseorang yang masih memiliki akan secara sehat dan normal.

Suci dari haid dan nifas

Bagi seorang wanita, syarat sah berpuasa adalah dengan suci dari haid dan nifas. Jika saat menjalani puasa dan kamu haid atau nifas, maka puasa yang kamu jalankan akan dibatalkan. Tidak penting seberapa banyak atau sedikit darah yang keluar, puasa yang kamu jalani batal saat itu juga.

Puasa pada waktunya

Puasa yang kamu jalani harus sesuai dnegan waktunya. Contohnya puasa Ramadhan yang dijalankan pada bulan Ramadhan tiba. Adapun waktu yang haram berpuasa adalah pada saat idul fitri dan idul adha sebagai hari tasyrik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved