Gak Perlu Pakai Make Up, Enam Amalan ini Akan Membuatmu Lebih Cantik

Tanggal: 8 Feb 2018 15:05 wib.
Tampang.com - Sering kali kaum perempuan ingin terlihat lebih cantik di pandangan orang lain, terlebih lagi pada pasangan. Mereka rela mengeluarkan biaya yang besar untuk perawatan tubuh agar tetap terlihat cantik. Padahal sebenarnya kita tak perlu repot-repot ke salon ataupun ke tempat perawatan kecantikan. Cukup kita melaksanakan 6 amalan ini, maka secara alami wajah kita akan selalu terlihat cantik. Berikut 6 amalan yang membuat kita lebih cantik.

Senyum

Tersenyum merupakan aktifitas yang menyehatkan, baik bagi tubuh maupun psikologis. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa dengan tersenyum, orang akan terlihat lebih menarik dan membuat orang lain menjadi senang ketika melihatnya. Selain itu senyum pun termasuk ibadah, bahkan dinilai sedekah. Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda


 “Senyummu terhadap wajah saudaramu adalah sedekah.” (HR. Tirmidzi 1956, Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih At Targhib).


Menjaga wudhu

Secara tidak langsung ketika kita sering menjaga wudhu, maka wajah kita akan terhindar dari debu dan polusi yang menempel dalam kulit wajah. Tak hanya itu bakteri yang melekat dalam wajah pun akan terbuang dengan air wudhu sehingga wajah kita akan tetap lembab dan tidak kering.

Menyapa dan menebar salam

Salam merupakan doa keselamatan, ketika menebar salam, maka sejatinya kita sedang memberikan doa keselamatan bagi orang lain, terlebih lagi salam tersebut dibarengi dengan sapaan. Seorang muslimah yang gemar menyapa dan menebar salam akan terlihat lebih menarik dan akan lebih disenangi orang lain. Wajahnya akan membuat orang lain tenang, karena sering menyapa dan menebar salam. Tak hanya itu, menebar salam pun akan mendapat keutamaan yang lainnya. Sebagaimana dalam satu riwayat:


“Dari Abu Hurairah r.a, bahwa seorang pemuda melewati Nabi SAW, sedang duduk di sebuah Majelis. Maka Pemuda ini pun mengucapkan “Assalamu’alaikum”, maka Nabi SAW mengatakan : “baginya 10 kebaikan”. Kemudian lewat Pemuda lainnya dan mengatakan : “Assalamu’alaikum wa rahmatullah” lantas Nabi SAW  mengatakan : “Baginya 20 kebaikan”. Kemudian lewat lagi Pemuda lainnya mengatakan : “Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuhu” maka Nabi SAW  mengatakan : “Baginya 30 kebaikkan” (HR. IbnuHibban 493, Abu Daud 5195, Tirmidzi 2689 )


Selalu Berdzikir

Alloh SWT berfirman:


الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ


“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS Ar ra’du : 28)

Ayat diatas menjelaskan bahwa Hanya dengan mengingat Allah, hati kita akan menjadi tenang. Ketika hati sudah tenang maka akan tercermin wajah dan perilaku yang baik. Wajah yang bersumber dari hati yang tenang akan membuat orang lain lebih sejuk melihatnya. Orang akan lebih memperhatikan dengan seksama segala tutur kata ketika wajah kita dapat menenangkan hatinya. Maka dari perbanyaklah berdzikir, agar hati kita menjadi tenang dan wajah kita pun akan memancarkan kesejukan bagi orang lain.

Rajin Puasa sunah

Para fakar kesehatan telah menunjukkan betapa banyak manfaat dari puasa. Selain sebagai detoksifikasi atau pengeluaran racun. Puasa ini pun akan mempercantik wajah, karena ketika racun telah dikeluarkan, maka tubuh akan terlihat lebih segar dan bugar, termasuk wajah kita. Wajah akan terlihat lebih fresh dan tidak terlihat loyo. Puasa pun dapat dijadikan program diet, untuk tetap menstabilkan berat badan dan mengurangi kandunga lemak yang berlebih dalam tubuh.

Selalu melaksanakan Shalat malam

Rosululloh SAW bersabda:


“Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari” (HR. Ibnu Majah)


Hadits diatas memang benar adanya. Karena menurut sebuah penelitian, orang yang bangun lebih pagi akan lebih bersemangat dalam menjalani aktifitasnya. Maka secara tidak langsung wajah kita pun akan terlihat berseri karena adanya rasa semangat untuk melaksanakan aktifitas. Berbeda dengan orang yang bangun kesiangan, ia pun akan terlihat lebih loyo dan kurang semangat dalam menjalani hidup.

Itulah 6 amalan yang dapat membuat kita lebih cantik. Intinya kita harus tetap menjalani setiap amalan tersebut dengan penuh keikhlasan. Semoga bermanfaat!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved