Wakil PM Belgia Puji Demokrasi dan Persatuan Indonesia

Tanggal: 11 Okt 2017 21:21 wib.
Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Belgia Didier Reynders memuji sistem demokrasi yang berjalan di Indonesia.

Menurut Didier Reynders, demokrasi yang berjalan di Indonesia kini sudah stabil. Hal ini ia ungkapkan saat dirinya mendapat kesempatan dalam pembukaan festival Europalia Indonesia di Gedung Bozar, Brussels, Belgia, Selasa (10/10/2017).

"Sejak awal abad ini, Indonesia telah menunjukkan demokrasi yang stabil di mana kebebasan pers dan berekspresi dihormati," ujar Reynders.

Tak hanya itu, mengingat Indonesia terdiri dari banyak suku, agama, dan kebudayaan, Reynders juga memuji persatuan di Indonesia di tengah keberagaman para penduduknya.

Menurutnya, hal ini juga berlaku di negaranya.

"'Bersatu dalam keragaman' adalah semboyan yang berlaku baik di Belgia maupun Indonesia," kata Reynders.

Europalia merupakan festival kebudayaan 2 tahunan yang digelar di Belgia dan 6 negara lain di Uni Eropa. Kebetulan tahun ini yang menjadi 'tamu spesial' adalah Indonesia.

"Jelas bagi sebagian besar rekan senegaranya, Indonesia dikenal sebagai negara perjalanan wisata," tutur Reynders.

"Pada tingkat ekonomi, Indonesia adalah salah satu mitra terpenting kami di bidang ini, seperti dibuktikan oleh misi kerajaan yang dilaksanakan pada 2016 oleh Yang Mulia Putri Astrid dan dihadiri 300 peserta," imbuhnya.

Turut hadir dalam acara ini Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta menteri kabinet. Selain itu, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tampak hadir dalam acara tersebut. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved