Ukraina Mendeportasi Mantan Presiden Georgia Saakashvili ke Polandia

Tanggal: 13 Feb 2018 15:34 wib.
Pejabat dinas perbatasan Ukraina mengatakan mereka menahan dan mendeportasi mantan Presiden Georgia Mikheil Saakashvili ke Polandia setelah berbulan-bulan menghadapi tantangan hukum atas kritiknya terhadap pemerintah Ukraina.

Sekretaris pers Saakashvili, Tetiana Barganovskaya, mengatakan kepada The Guardian Inggris bahwa orang-orang di kamuflase mengambil mantan presiden dari restoran Kiev.

"Mereka mendorongnya ke van putih dan pergi," katanya. "Mereka tidak menunjukkan identifikasi apapun."

Dinas perbatasan Polandia mengkonfirmasi bahwa Saakashvili tiba di negara tersebut dan mendapat izin dari Warsawa untuk berada di sana.

"Orang ini berada di wilayah Ukraina secara ilegal dan oleh karena itu, sesuai dengan semua prosedur hukum, dia dikembalikan ke negara dari tempat dia tiba," juru bicara layanan perbatasan Ukraina Oleh Slobodyan mengatakan.

Deportasi tersebut terjadi di tengah kebencian vokal dari Saakashvili terhadap Presiden Ukraina Petro Poroshenko.

Satu kali teman, Poroshenko menunjuk Saakashvili sebagai gubernur wilayah Odessa pada tahun 2015. Saakashvili mengundurkan diri dari jabatan tersebut pada tahun 2016, mengecam apa yang dia sebut sebagai korupsi tingkat tinggi di pemerintahan. Poroshenko melepaskannya dari kewarganegaraan Ukraina-nya.

Saakashvili ditangkap beberapa kali pada 2017 karena diduga membentuk kelompok kriminal. Pada satu titik, pendukungnya membebaskannya dari penahanan.

"[Poroshenko] bukanlah presiden atau seorang pria," kata Saakashvili dari Warsawa. "Dia adalah dealer roda yang ingin merusak Ukraina, ini menunjukkan betapa lemahnya mereka, kita akan menang dengan pasti."

Para pendukung Saakashvili berkumpul Senin malam di depan kantor kepresidenan untuk memprotes deportasi.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved