Pembangunan Sekber Gerindra-PKS, Pengamat: Bisa Jadi Magnet Politik

Tanggal: 30 Apr 2018 09:44 wib.
Tampang.com - Kekompakan Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan membangun Sekretariat Bersama (Sekber) dipandang dapat menjadi magnet tersendiri bagi partai politik (parpol) lain untuk menjalin komunikasi koalisi, terkhusus bagi Parpol yang belum menyatakan sikapnya terkait arah pilpres 2019.

Pengamat Komunikasi Politik asal Universitas Paramdina, Hendri Satrio, berpendapat bahwa dengan terbentuknya Sekber Gerindra-PKS ini menunjukkan bahwa koalisi keduanya sudah kuat.

“Tentu saja kalau koalisi dua partai tersebut sudah kuat dengan adanya sekber ini,” kata Hendri saat dihubungi wartawan, Ahad (29/4).

Hendri melanjutkan bahwa pembentukan Sekber ini berbeda dengan konteks koalisi. Hal ini karena pembentukannya lebih sederhana, tidak perlu memerlukan pembicaraan yang lebih detail.


“Jadi memang berbeda nilai strategisnya dibanding koalisi,” imbuhnya.


Meski begitu, Hendri menyatakan bahwa Sekber ini dapat menjadi sinyal yang kuat bagi parpol lain, terutama untuk membicarakan peluang koalisi ke depan.

“Kalau kemudian dihadiri oleh Hanafi Rais ini mungkin jadi salah satu sinyal dan terbuka Sekber ini untuk siapa saja boleh hadir dan kemudian membicarakan peluang-peluang koalisi,” jelasnya.

Hendri juga berpendapat mengenai kemungkinan Prabowo Subianto diusung sebagai Calon Presiden (capres). Menurutnya, hal tersebut bisa saja berubah melihat dinamika yang terjadi, terutama hasil pilkada.

“Menunggu perkembangan politik, salah satunya hasil Pilkada 2018,” pungkasnya.

PAN Tunjukkan sinyal Positif

Dari sekian partai politik yang dibangun komunikasinya, PAN menunjukkan sinyal positif. Hal ini diungkapkan oleh Andre Rosiade, Anggota Badan Komunikasi (Bakom) DPP Partai Gerindra.

“Demokrat dan PKB terus bangun komunikasi, tapi yang sudah sangat positif adalah PAN,” jelasnya.

Andre mengharapkan bahwa koalisi yang dibangun segera bertambah anggotanya karena dirinya mengakui komunikasi yang dijalin diantara ketiga partai tersebut sangat intens dan menunjukkan sinyal yang positif. Hal tersebut diungkapkan Andre disela penjelasannya mengenai Sekber PKS-Gerindra yang menurutnya merupakan bagian dalam upaya mencapai konsolidasi dan menyusun kerangka kerja sama antar-parpol.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved