Leo Varadkar, Perdana Menteri Gay Pertama di Dunia

Tanggal: 15 Jun 2017 06:18 wib.
Iralndia Utara akan memiliki Perdana Menteri baru seorang gay. Leo Varadkar, 38 tahun, akan menjadi pemimpin di Irlandia Utara yang paling muda selama ini.

Leo Varadkar mengalahkan pesaingnya Simon Coveney, menteri perumahan saat ini, dengan mengumpulkan 60% koalisi di pemerintahan.

Istilah Perdana Menteri di Irlandia Utara adalah: Taoiseach

"Irlandia Utara akan keluar dari Uni Eropa, seperti yang dilakukan oleh Inggris, tetapi kita harus memiliki persiapan khusus", ujar Varadkar.

"Ketika ayahnya tahun 1975 melakukan perjalanan 5000 mil (dari India) untuk membangun sebuah rumah di Irlandia, saya tidak yakin, ayahnya akan membayangkan anaknya menjadi seorang pemimpin di negara ini.", ucap Varadkar. Orang tua Varadkar, ayahnya dari India dan ibunya Irish (orang Irlandia).

Banyak liputan di Irlandia Utara yang mempermasalahkan latar belakan, usia dan seksualitas dari Varadkar.

Pengumuman tentang gay/homo nya Varadkar dilakukan sejak tahun 2015 pada saat referendum agar pasangan gay bisa menikah.

Leo Varadkar akan menggantikan Enda Kenny, 66 tahun, yang telah menjadi Perdana Menteri sejak 2011, dan telah mengundurkan diri dari Partai Fine Gael, Mei 2017. Enda Kenny terlah menjadi pemimpin partai Fine Gael selama 15 tahun.

 

 

 

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved