Jepang Tetap Konsisten Pada Kampanye Tekanan Korea Utara

Tanggal: 6 Jun 2018 13:20 wib.
Menteri luar negeri Jepang meningkatkan keraguan tentang keinginan Korea Utara untuk menangguhkan senjata nuklir.

Taro Kono mengatakan kepada anggota parlemen Jepang pada hari Selasa ada kemungkinan Korea Utara telah memulai kembali operasi di fasilitas nuklirnya di Yongbyon, surat kabar lokal Nikkei melaporkan.

Berbicara di depan komite parlemen tentang keamanan diplomatik, Kono mengatakan ada gerakan untuk memulai kembali pabrik Yongbyon.

Para analis AS menulis gambar pekan lalu dari Mei mengindikasikan ada tanda-tanda aktivitas di pusat penelitian nuklir Korea Utara.

"Saya akan mengawasi seberapa besar komitmen Korea Utara terhadap denuklirisasi," kata Kono, menambahkan kampanye tekanan harus dipertahankan sampai komitmen Korea Utara menjadi jelas.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diperkirakan akan mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden Donald Trump pada hari Kamis.

Langkah ini dilakukan menjelang pertemuan puncak yang diharapkan Trump dengan Kim Jong Un pada 12 Juni.

Setelah KTT, sekitar seminggu kemudian Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dapat mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, selama Piala Dunia, layanan berita Rusia Izvestia melaporkan Selasa.

Topik yang akan dibahas termasuk kerjasama tiga arah dengan Korea Utara.

Sementara Tokyo tetap berkomitmen kuat terhadap sanksi terhadap Korea Utara, kementerian luar negeri Cina menyambut komentar dari Trump, dia mungkin tidak lagi tertarik menggunakan istilah "tekanan maksimum" untuk menggambarkan kebijakan AS.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Beijing Hua Chunying mengatakan, Selasa, China menyambut langkah itu, menurut kantor berita Korea Selatan, News 1.

"Kami berharap kedua negara akan berkomunikasi secara dekat dan membuat kemajuan," kata Hua.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved