Hasil Survei: Jokowi dan Prabowo Masih Jadi Kandidat Idaman Rakyat

Tanggal: 4 Okt 2017 08:30 wib.
Berdasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), rupanya Jokowi masih menjadi kandidat terkuat dan idaman rakyat Indonesia pada Pilpres 2019 mendatang.

"Dari 10 tokoh nasional yang ada, posisi Jokowi tetap teratas dengan persentase sebesar 36,2 %. Sementara, Prabowo Subianto tetap menjadi pesaing terberatnya, yaitu 23,2 %," ungkap Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (2/10/2017).

Namun, menurut Rico, ada hal menarik dari hasil Median tersebut, yakni nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjadi pilihan para responden, meski seperti yang diketahui, berdasarkan peraturan perundang-undangan, SBY sudah tidak dapat mencalonkan diri lagi sebagai Presiden.

"Di urutan ketiga ada nama Susilo Bambang Yudhoyono dengan suara 8,4% suara," ucap Rico Marbun.

Di urutan keempat ada Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan perolehan 4,4%, lalu ada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dengan 2,8%.

Selain itu, elektabilitas Jenderal Gatot ternyata justru lebih tinggi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla yang hanya 2,6 %. Disusul Hary Tanoesoedibjo dengan 1,5%, Aburizal Bakrie 1,3 %, Ridwan Kamil 1,2 %, dan Tri Rismaharini 1%.

Survei tersebut melibatkan 1.000 responden di seluruh Indonesia, baik perempuan dan laki-laki.

Survei yang digelar selama satu minggu ini menggunakan metode sampling multistage random sampling, dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Margin of error ata hasil survei ini sebesar +/+- 3,1 persen, dengan tingat kepercayaan 95 persen.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved