Dedi Mulyadi : Margamulya Ingin Ia Jadikan Desa Kopi

Tanggal: 2 Mei 2018 16:07 wib.
Tampang.com – Dalam upaya memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018 ini. Dedi Mulyadi sebagai calon wakil gubernur Jawa Barat menyampaikan gagasannya untuk memajukan Desa Kopi di wilayah perkebunan sekitar DesaMargamulya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat kedepannya.

“Desa Kopi ini bisa dikembangkan dengan memanfaatkan keunggulan produk yang dimiliki desa itu, yakni kopi,” jelas Dedi Mulyadi.

Ia berpendapat bahwa keunggulan yang dimiliki oleh Desa tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga menjadikan para petani dapat hidup sejahtera. Nilai yang dapat diberikan dari pengelolaan kopi ini dapat pula mengundang wisatawan untuk dapat berkunjung ke desa tersebut.

“Tapi caranya tidak boleh dengan merambah hutan. Satu juta pohon kopi bisa ditanam dengan memanfaatkan lahan perkebunan yang tidak produktif di daerah itu,” tambahnya.

Untuk mengembangkan kemampuan para petani kopi itu sendiri, tidak hanya diangkat sebagai tenaga harian lepas (THL) Pemprov Jawa Barat, para petani kopi tersebut dapat pula diberikan pendampingan khusus. Adapun pendampingan tersebut dapat dilakukan oleh para sarjana pertanian yang tentunya diberikan insentif oleh Pemprov Jawa Barat.

“Jadi kita tidak hanya memberikan benih kopi, tapi diberikan juga pendampingan, mulai masa tanam sampai panen. Pemprov Jawa Barat nanti meminta bantuan para sarjana pertanian untuk itu,” jelas Dedi Mulyadi.

Gagasan pengembangan Desa Kopi ini muncul setelah dilakukannya survei terhadap wilayah tersebut dan juga beberapa keluhan yang disampaikan oleh warga masyarakat disana.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved