Afrika Selatan Zuma Mengumumkan Pengunduran Diri Setelah Tekanan ANC

Tanggal: 15 Feb 2018 12:25 wib.
Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengundurkan diri dari jabatannya pada hari Rabu setelah tekanan dari Kongres Nasional Afrika.

Zuma, 75, mengumumkan pengunduran dirinya di sebuah pidato di televisi, sambil mengatakan bahwa dia tidak sependapat dengan keputusan ANC bahwa dia selalu menjadi anggota yang berdedikasi.

"Saya tidak takut tidak ada kepercayaan atau impeachment ... Saya akan terus melayani rakyat Afrika Selatan dan ANC Saya akan mengabdikan hidup saya untuk terus bekerja demi pelaksanaan kebijakan organisasi kami," katanya.

"Tidak ada yang harus hilang dalam nama saya ANC tidak boleh dibagi dalam nama saya, karena itu saya memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai presiden republik dengan segera."

ANC memerintahkan Zuma untuk meninggalkan kantor pada akhir Selasa - atau berisiko dihilangkan dengan paksa.

Zuma, subjek beberapa "tidak percaya diri" dalam beberapa tahun terakhir, telah menolak tekanan untuk mengundurkan diri dan tetap menjadi presiden di tengah tuduhan korupsi yang berulang kali. Di bawah konstitusi nasional Afrika Selatan, Zuma tidak dapat dipaksa keluar dari jabatannya.

ANC mengatakan jika Zuma tidak mengundurkan diri pada akhir Rabu, proses akan mulai secara legal memaksanya keluar.

Dalam sebuah wawancara televisi pada hari Rabu, Zuma mengatakan bahwa dia meminta pejabat tinggi untuk mengklarifikasi kesalahannya, namun mengatakan, "Tidak ada seorang pun yang dapat memberi tahu saya apa masalahnya."

"Ini bukan masalah baru, saya perlu dilengkapi dengan apa yang telah saya lakukan dan sayangnya tidak ada yang bisa memberi tahu saya," katanya. "Ada proses di ANC yang perlu diikuti jika saya melakukan kesalahan."

Zuma, presiden Afrika Selatan sejak 2009, menghadapi hampir 800 tuduhan korupsi yang berasal dari kesepakatan senjata selama tahun 1990an. Pada 2016, dia diperintahkan oleh pengadilan tinggi Afrika Selatan untuk membayar sebagian dari $ 15 juta dana publik yang dikatakan bahwa dia salah memilih untuk meningkatkan rumah pribadinya.

Zuma mengatakan bahwa dia tidak menentang kepemimpinan ANC, namun tidak setuju dengan keputusannya untuk memanggilnya kembali.

"Saya tidak pernah menentang kepemimpinan, saya katakan di sini saya tidak setuju ... karena tidak ada bukti," kata Zuma. "Saya tidak menentang, saya tidak setuju dengan keputusan tersebut karena saya merasa keputusannya tidak tepat."

Zuma adalah presiden ANC antara tahun 2007 dan 2017.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved