8 Tips Merawat Baterai Handphone Tetap Awet

Tanggal: 24 Apr 2018 04:22 wib.
Di era digital seperti saat ini, kebutuhan smartphone telah menjadi kebutuhan yang bisa dikatakan tidak bisa ditinggalkan oleh setiap orang tanpa terkecuali. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli smartphone adalah kapasitas dan kualitas baterai. Betapa tidak, baterai adalah komponen yang sangat penting ketika menggunakan smartphone.

Tentu saja orang akan lebih memilih smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan arus lebih besar dan tahan lama bukan? Namun, sayangnya sekalipun smartphone Anda memiliki kapasitas yang besar tetapi jika tidak dirawat dengan baik maka bisa saja dalam waktu yang singkat akan mengalami kerusakan bahkan keborosan baterai pun terjadi.

Adapun penyebeb baterai smartphone cepat rusak adalah ketidakdisplinan dalam pemakaian misalnya menggunakan atau membuka aplikas berat saat ponsel sedang di charger. Atau menggunakan smartphone Anda terus menerus untuk bermain game berat. Makanya jika ingin menggunakan smartphone Anda untuk bermain game alangkah baiknya belilah smartphone yang fiturnya dan performance memang untuk bermain game.

Untuk itu perhatikanlan tips berikut untuk merawat baterai smartphone Anda agar tetap awet.

1. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger yang orisinal adalah cara terbaik untuk merawat baterai tetap awat. Sebab setiap charger memiliki arus dan voltase yang berbeda-beda. Jika anda menggunakan charger yang tidak standart dengan rekomendasi handphone, baterai akan berpotensi cepat rusak karena arus yang masuk tidak terkontrol, bisa jadi lebih besar atau lebih kecil dari suplay proses charging.

 

2. Full Charging

Saat pertama kali membeli akan menggunakan handphone baru, usahakan di charge terlebih dahulu hingga penuh. Sesuai dengan petunjuk manual handphone yang anda beli. Jangan langsung anda gunakan.

3. Charge Sebelum Baterai Habis

 

Ngecas baterai dalam keadaan kosong bukalah tindakan baik untuk keawetan baterai handphone anda. Terlebih jenis baterai smartphone saat ini adalah Lithium-ion dan Lithium Polymer. Kedua jenis baterai ini mengharuskan dicas sebelum isi baterai benar-benar habis.

 

4. Cabut Charger Setelah Baterai Penuh

Over charging menjadi hal yang lumrah. Saya yakin anda pernah mengalaminya. Saat anda mau tidur atau mau beraktifitas, anda cas handphone anda. Setelah penuh anda tidak langsung cabut chargernya karena anda masih tidur, atau masih asyik dengan aktivitas anda.

 

5. Berhenti Gunakan Handphone saat Proses Charge

Hindari menggunakan handphone saat sedang dicas. Terlebih jika isi baterai anda pada level rendah. Sebab arus listrik yang masuk kedalam baterai akan langsung didistribusikan ke komponen handphone lainnya.

 

6. Hindari Suhu Panas

Menempatkan baterai di tempat bersuhu tinggi, ini juga akan mempengaruhi performa baterai. Biasanya tanpa sadar kita menaruh handphone diatas dashboard mobil atau atau jika anda sering melakukan aktivitas di luar ruangan mungkin anda tidak bisa menghindari paparan sinar matahari langsung ke gadget anda.

 

7. Tetap Dicas Meskipun tak Dipakai

Jika handphone anda tidak dipakai dalam waktu lama, disarankan untuk mengisi baterai setidaknya 50%. Handphone matikan, dan lakukan isi ulang secara periodik. Bisa dua minggu atau tiga minggu. Kelihatannya ribet ya, handphonenya tidak dipakai, tapi harus dicas. Tapi cara ini yang akan bikin awet baterai handphone anda.

 

8. Cas Menggunakan Charger Bawaan Secara Berkala

Kalau anda menggunakan charging pendek hanya untuk menyambung isi baterai, tidak sampai penuh baik menggunakan powerbank atau charger biasa. Disarankan setiap seminggu sekali dicas dengan charger bawaannya.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved