Yang Perlu Diketahui Sebelum Memberi Hadiah pada Anak

Tanggal: 20 Nov 2017 21:04 wib.
Ketika anak melakukan hal-hal positif, tentu saja ayah dan ibunya akan merasa bangga.

Sebagai apresiasi karena anak udah melakukan sesuatu yang positif, kadang beberapa orang tua memberinya hadiah ya, Bun. Misalnya dalam bentuk mainan atau sesederhana kita belikan dia jajanan kesukaannya.

Soal hadiahyang diberi ke anak, psikolog anak dan remaja dari Mentari Anakku Firesta Farizal mengatakan, asal tak berlebihan, hadiah boleh saja diberikan. Dalam artian hadiah yang diberikan kepada anak sebagai bentuk penghargaan atas usaha anak. Tapi, tentu saja hadiah harus masuk akal.

"Dan yang paling penting dari hadiah ini adalah kita apresiasi usahanya dia. Kita tahu anak nggak terlalu suka pelajaran matematika tapi dia udah berusaha belajar jelang ujian. Makanya kita ajak deh dia beli es krim kesukaannya. Misalnya kayak gitu," kata Mentari yang akrab disapa Eta.

Ia mengingatkan, orang tua boleh memberi hadiah ke anak atas usaha yang sudah dia lakukan. Tapi perlu dipilih. Jangan karena supaya anak mau mandi atau makan, orang tua menjanjikan hadiah untuknya. Kalau begitu, ke depannya bukan tak mungkin anak akan melakukan sesuatu karena hadiah yang bakal diterima.

"Sementara kalau kita kasih hadiah untuk menghargai usaha anak, makin lama kesenangan anak bukan karena dapat es krimnya misalkan, tapi dia senang karena berhasil melakukan sesuatu dan usaha dia diapresiasi oleh orang di sekitarnya," tambah Eta.

Apresiasi dengan memberi hadiah ke anak dikatakan Eta berdapak positif, untuk anak usia sekolah dasar alias SD. Karena di masa itu anak sedang membangun konsep diri. Ketika dia merasa mampu melakukan sesuatu dan adanya hadiah dari orang tua bisa membuat anak makin percaya diri. Sehingga, anak akan punya konsep diri yang positif. Namun perlu ingat, hadiah tak harus melulu berupa barang. Memberi pujian atau menghabiskan waktu berkualitas bersama anak juga bisa membuat anak merasa dihargai atas usaha yang dia lakukan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved